Simulasi Program Makan Siang Gratis Digelar, Pakai APBN?

Kamis, 29 Februari 2024 - 19:25 WIB
loading...
Simulasi Program Makan Siang Gratis Digelar, Pakai APBN?
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerangkan, dari mana anggaran dibuatnya simulasi program makan siang gratis yang hari ini berlangsung di SMPN 2 Curug, Tangerang. Foto/Dok
A A A
TANGERANG - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerangkan, simulasi program makan siang gratis merupakan volunteer yang jadi inisiatif pemerintah daerah. Dalam hal ini Tangerang, dimana Menko Airlangga mengungkapkan, anggaran simulasi makan siang gratis berasal dari dinas.



Menko Ailangga mengaku dirinya hadir dalam simulasi program Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka sebagai tamu udangan makan siang gratis. Namun juga sekaligus menginventarisir masalah program makan siang gratis sebelum dirumuskan sebagai kebijakan pemerintah pusat.

"Jadi kita belanja masalah, simulasi yang dilakukan pak Bupati melihat bagaimana mekanisme, pembiayaan, dan kita belajar untuk membuat kebijakan publik (makan siang gratis)," ujar Menko Airlangga di SMPN 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024).



Terkait alasan pemilihan sekolah di Tangerang sendiri, Airlangga menilai SMPN 2 merupakan salah satu lokasi yang cukup mendukung untuk melakukan simulasi. Di satu sisi SMPN 2 Curug dikatakan Menko Airlangga, juga yang mengajukan diri sebagai tempat penyelenggaran simulasi makan saing gratis tersebut.

"Karena ini volunteer, pemerintah membuka model siapa yang ingin jadi volunteer ini (simulasi makan siang gratis). Anggaran dari dinas, tidak masuk APBN , ini dari pak Bupati, namanya volunteer, siapa yang mau mencoba program ini duluan," sambungnya.

Sehingga Menko Airlangga menegaskan, kehadiran dalam simulasi program makan siang gratis yang juga menjadi program Capres Nomor Urut 2 Prabowo - Gibran, hanya sebagai undangan untuk meninjau simulasi makan siang gratis.

"Namanya undangan, kalau saya diundang makan gratis saya juga (datang)," kata Airlangga.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)