Kompetisi Student Formula Japan, Tim UNS Siapkan Mobil Samartha

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 02:01 WIB
Kompetisi Student Formula Japan, Tim UNS Siapkan Mobil Samartha
Kompetisi Student Formula Japan, Tim UNS Siapkan Mobil Samartha
A A A
SOLO - Tim Bengawan Formula Student Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meluncurkan mobil yang akan dipakai dalam Kompetisi Student Formula Japan. Mobil balap diberi nama Samartha, dari Bahasa Sansekerta yang artinya mampu.

Ketua Tim Bengawan Formula Student UNS Farlian Rizky Sinaga mengatakan, kompetisi Student Formula Japan diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineer (SAE) Jepang, bagian dari Society of Automotive Engineer (SAE) Internasional. Student Formula Japan merupakan kompetisi Internasional tingkat mahasiswa untuk merancang, mendesain, dan memproduksi sebuah mobil balap formula.

"Mobil yang akan dipakai dibuat mulai Januari lalu," kata Farlian Rizky Sinaga saat launching Mobil Samartha di Kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/8/2018).

Dalam kompetisi yang akan berlangsung 4-9 September mendatang, penilaian tidak hanya meliputi aspek perfoma mobil. Sebuah tim dituntut dapat mengorganisir seluruh proses pembuatan mobil. Selain pembuatan mobil yang penuh implementasi ilmu teknik, tim harus dapat mempresentasikan desain yang inovatif dan kreatif serta perencanaan pembiayaan yang baik dengan memperhatikan nilai jual dari sebuah produk.

"Penyelenggara juga mengharapkan munculnya sifat kepemimpinan dan team work yang bagus dalam diri setiap anggota yang tergabung di dalam tim," terangnya.

Diakui, desain mobil yang akan ditandingkan tak lepas dari evaluasi tahun tahun sebelumnya. Seperti posisi mengemudi, kaki-kaki, dan stering agar lebih baik lagi. Keikutsertaan, tim Bengawan Formula Student UNS dalam Kompetisi Student Formula Japan merupakan tahun ketiga. Desain mobil terinspirasi dari berbagai sumber yang digabung gabungkan. Diantaranya mobil mobil balap yang sudah ada. Mobil akan diberangkatkan terlebih ke Negeri Sakura melalui jasa kargo.

Baru setelah itu, tim menyusul berangkat dan diperkirakan akan tiba bersamaan. Rencananya mobil akan dikirimkan pada pekan ini. Sebelum diikutkan kompetisi, mobil telah diuji coba terlebih dahulu meski terbatas melalui simulasi simulasi. Tim dari UNS bakal bersaing dengan tim tim dari berbagai negara di dunia.

"Seluruh negara boleh ikut tapi memang harus melewati tahap seleksi," urainya. Sebelum diberangkatkan, mobil sengaja dilaunching untuk menarik perhatian masyarakat terhadap Tim Bengawan Formula Student UNS. Serta sebagai daya tarik terhadap karya anak bangsa.

Wakil Rektor IV UNS Profesor Widodo Muktiyo mengatakan, kiprah Tim Bengawan Formula Student merupakan salah satu kebanggaan UNS karena selalu ikut di kompetisi berskala internasional.
"Tim harus berjuang maksimal dan habis habisan agar bisa keluar sebagai juara," tandas Widodo. Selain mewakili UNS, tim juga mewakili Indonesia karena yang ikut dari tanah air hanya empat perguruan tinggi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9284 seconds (0.1#10.140)