China Siap Hadirkan Kereta yang Dapat Melaju Melebihi Kecepatan Suara

Minggu, 03 Maret 2024 - 16:00 WIB
loading...
China Siap Hadirkan Kereta yang Dapat Melaju Melebihi Kecepatan Suara
China hadirkan kereta melebihi kecepatan suara. FOTO/ DAILY
A A A
BEIJING - China kembali membuat gebrakan di industri kereta cepat. Kali ini negara yang dipimpin oleh Xi Jinping itu tengah sibuk merancang kereta magnet yang dapat melaju dengan kecepatan melebihi kecepatan suara.



Sebagaimana dihimpun dari Metro, Minggu (3/3/2024), kereta terbaru China ini adalah T-Flight. Para insinyur melaporkan bahwa dengan keajaiban teknik mereka, kereta mampu menembus kecepatan 387mph di jalur uji.

Capaian ini berhasil memecahkan rekor terbaru. Di mana kereta MLX01 Maglev Jepang, yang selama ini menyandang gelar kereta tercepat di dunia, hanya mampu meraih kecepatan tertinggi di angka 361mph.

Para insinyur China berharap kereta T-Flight akan mencapai kecepatan 1.243mph pada saat nanti dioperasikan, lebih cepat dari kecepatan suara dan dua kali lipat kecepatan pesawat Boeing 737.

Untuk diketahui, kereta magnet sendiri bekerja dengan menggunakan teknologi levitasi magnetik (maglev) untuk mencapai kecepatan luar biasa. Tidak adanya roda akan membuat kereta meluncur dengan mudah.

Konsep ini pertama kali diusulkan oleh Robert Goddard, seorang insinyur AS pada tahun 1910, namun kembali populer setelah miliarder Elon Musk menulis buku putih tentang subjek tersebut pada tahun 2013.

Kini, T-Flight telah dibangun oleh China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC) dengan harapan dapat digunakan sebagai kereta hyperloop untuk mengangkut orang dari satu tempat ke tempat lain.

Para insinyur berharap T-Flight dapat melakukan perjalanan dari Wuhan ke Beijing hanya dalam waktu 30 menit, dibandingkan empat jam yang dibutuhkan saat ini untuk melakukan perjalanan dengan kereta berkecepatan tinggi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)