5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

Rabu, 06 Maret 2024 - 20:40 WIB
loading...
5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak
Islam terus berkembang di benua Amerika. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Jumlah umat Islam di 51 negara di kawasan Amerika diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun ke depan, dari 5,3 juta pada tahun 2010 menjadi 10,9 juta pada tahun 2030.

Riset pewresearch, menunjukkan bahwa umat Islam akan tetap menjadi minoritas kecil di kawasan ini, yang diperkirakan berjumlah sekitar 10,9 juta jiwa pada tahun 2030. 1,0% dari populasi pada tahun 2030, dibandingkan dengan 0,6% pada tahun 2010. Muslim di Amerika juga akan terus mewakili sebagian kecil dari populasi Muslim global.

Sebagian besar proyeksi pertumbuhan populasi Muslim di kawasan ini akan terjadi di Amerika Utara, khususnya di AS dan Kanada. Jika tren yang ada saat ini terus berlanjut, populasi Muslim di Amerika Serikat diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun ke depan, dari 2,6 juta pada tahun 2010 menjadi 6,2 juta pada tahun 2030.40 Populasi Muslim Kanada diperkirakan akan meningkat hampir tiga kali lipat, yaitu meningkat dari 940.000 pada tahun 2010 menjadi 2,7 juta jiwa. juta pada tahun 2030.

Benua Amerika adalah satu-satunya wilayah di mana persentase peningkatan jumlah umat Islam akan lebih besar pada tahun 2010 hingga 2030 dibandingkan pada tahun 1990 hingga 2010.41 Dari tahun 1990 hingga 2010, jumlah umat Islam di wilayah tersebut meningkat sebesar 2,3 juta. Dalam dua dekade mendatang, jumlah umat Islam di benua Amerika diperkirakan akan meningkat sebesar 5,6 juta jiwa. Proyeksi peningkatan ini sebagian besar berasal dari besarnya jumlah imigran Muslim yang diperkirakan datang ke AS dan Kanada dari Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Utara (lihat bagian tentang migrasi di Amerika).

5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

1. Amerika Serikat

5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

Foto/Reuters

Melansir Insider Monkey, Islam menempati peringkat agama terbesar ketiga di Amerika Serikat, setelah Kristen dan Yahudi. Menurut penelitian terbaru, terdapat sekitar 4,45 juta umat Islam di negara ini, atau sekitar 1% dari total populasi.

Populasi Muslim di AS telah meningkat selama lebih dari satu dekade karena tingginya tingkat kesuburan dan migrasi umat Islam ke negara tersebut. Akibatnya, jumlah masjid meningkat lebih dari dua kali lipat selama dua dekade terakhir. Populasi Muslim di AS meningkat secara signifikan selama abad ke-20. Sekitar 1,7 juta Muslim menjadi penduduk tetap resmi AS dalam kurun waktu dua dekade dari tahun 1991 hingga 2012. Sekitar 72% Muslim Amerika adalah imigran atau bagian dari "generasi kedua".

Mereka juga merupakan komunitas keagamaan termuda di Amerika, dengan sekitar seperempatnya berusia antara 18 dan 24 tahun. Muslim Amerika merupakan salah satu komunitas agama yang paling beragam rasnya di Amerika, dengan 25% warga kulit hitam, 24% warga kulit putih, 18% warga Asia, 18% warga Arab, 7% warga ras campuran, dan 5% warga Hispanik. Namun, mayoritas umat Islam adalah imigran, dan 58% diantaranya lahir di luar Amerika.

Populasi Muslim juga tersebar luas di negara ini, dengan Virginia dan Arizona menjadi salah satu negara bagian dengan populasi Muslim tertinggi di AS. Sebuah studi yang dilakukan oleh Pew Research Center memperkirakan jumlah umat Islam di AS akan mencapai 8,1 juta atau 2,1% dari total populasi pada tahun 2050, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di negara tersebut. Anda juga dapat melihat 25 Negara dengan Populasi Muslim Paling Banyak Meningkat pada tahun 2050 di sini.

Meskipun minoritas, umat Islam di Amerika Serikat meraih kesuksesan dalam masyarakat dan lebih optimis, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Institute for Social Policy and Understanding (ISPU). Muslim di Amerika telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap usaha kecil, yang sangat penting bagi perekonomian AS. Sekitar 8% umat Islam mempunyai bisnis sendiri dan mempekerjakan rata-rata 8 orang lainnya, yang berarti sekitar 1,37 miliar pekerjaan. Jumlah bisnis milik Muslim telah mencapai 96.000 di New York City dan 36.000 di Michigan. Berbagai database menunjukkan bahwa bisnis milik Muslim Amerika sebagian besar terkonsentrasi di New York, New Jersey, California, Illinois, Florida, dan Michigan, dengan lebih sedikit bisnis serupa di Alabama, Texas, atau Tennessee.

Para pengusaha Muslim ini melayani perekonomian “halal” domestik dan global dengan produk mereka. Pasar halal global sangat besar, dengan umat Islam menghabiskan USD2 triliun untuk produk halal pada tahun 2019 saja. Produk-produk tersebut meliputi makanan halal, fesyen sederhana, media dan rekreasi, serta obat-obatan halal, pariwisata ramah muslim, kosmetik halal, dan keuangan syariah. Bisnis terkenal yang dimiliki oleh Muslim Amerika termasuk Muzz (aplikasi perjodohan Muslim), Launchgood (platform crowdfunding untuk Kewirausahaan Muslim), dan Splashgear (perusahaan pakaian yang menyediakan perlengkapan olahraga air sederhana untuk wanita Muslim).

2. Kanada

5 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Mayoritas Muslim Terbanyak

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)