Puji Kejujuran KPU Soal Hilangnya Sirekap, Roy Suryo: Tapi Rakyat Rugi Rp3,5 Miliar

Rabu, 06 Maret 2024 - 19:13 WIB
loading...
Puji Kejujuran KPU Soal Hilangnya Sirekap, Roy Suryo: Tapi Rakyat Rugi Rp3,5 Miliar
Pakar Telematika Roy Suryo memuji kejujuran Komisi Pemiliihan Umum (KPU) terkait fitur data aplikasi Sirekap yang hilang. Foto/ismet humaedi
A A A
JAKARTA - Pakar Telematika Roy Suryo memuji kejujuran Komisi Pemiliihan Umum (KPU) terkait fitur data aplikasi Sirekap yang hilang pada Selasa 5 Maret 2024 malam. Roy memastikan, hilangnya Sirekap bukan diretas atau di-hack melainkan memang sengaja dihilangkan.

“Baru kali ini saya memuji, memuji kejujuran KPU, bagus. Karena semalam itu beberapa media konfirmasi ke saya. Hilangnya situs KPU semalam bertepatan dengan trending topic Facebook dan Instagram down. Jadi KPU-nya mau diikutin down supaya dapat momentum. Nah siapa tahu mereka mengulangi treatment seperti tanggal 14 Februari lalu jadi seolah olah dihack seolah-olah down padahal tidak dihack,” ujar Roy di SINDO Sore, Rabu (6/3/2024).

Namun, Roy juga mengatakan ada kerugian besar yang dialami rakyat Indonesia. Ini terkait anggaran besar terkait aplikasi Sirekap milik KPU.



“Ada sedikit kejujuran itu bagus. Cuman berarti ada satu kerugian besar di bangsa Indonesia. Buat apa sekarang anggaran besar dari Sirekap yang mencapai Rp3,5 miliar yang kemarin dibangga-banggakan, punya teknologi OCR kalau tampilannya seperti penampil gambar. Lha kalau gitu kenapa enggak pakai Facebook saja, gratis malahan gitu lho, atau misalkan pakai web yang enggak berbayar aja yang tampilannya hanya menampilkan C hasil,” kata dia.

Roy menegaskan sejak awal Sirekap memang membuat gaduh. Seperti diketahui, sejak Selasa, 5 Maret 2024 malam, Sirekap tidak menampilkan grafik perolehan suara pilpres hingga pileg.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)