Peruri Digital Security Ungkap Peran Penting Pemungut dan Pengguna E-Meterai

Kamis, 07 Maret 2024 - 13:58 WIB
loading...
Peruri Digital Security Ungkap Peran Penting Pemungut dan Pengguna E-Meterai
PT Peruri Digital Security (PDS) mengadakan Appreciation & Sharing Session 2024 bagi perusahaan pemungut dan pengguna meterai elektronik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Peruri Digital Security (PDS) yang merupakan anak perusahaan dari Perum Percetakan Uang RI ( Peruri ) yang salah satu Distributor Meterai Elektronik dan ditunjuk sebagai Sole Authorized Distributor Produk Digital Peruri dan Distributor Pertama Meterai Elektronik mengadakan Appreciation & Sharing Session 2024 bagi perusahaan pemungut dan pengguna meterai elektronik , pada tanggal 6 Maret 2023 bertempat di Gedung Soebono Mantofani, Perum Peruri, Jakarta.



Acara ini dihadiri oleh hampir 100 perwakilan dari perusahaan pemungut/ pengguna meterai elektronik yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Muhammad Tunjung Nugroho selaku Kepala Subdirektorat Peraturan PPN Perdagangan Jasa dan Pajak Tidak Langsung Lainnya DJP I, dan juga Farah Fitria Rahmayanti selaku Direktur Digital Business Perum Peruri.

Direktur Utama Peruri Digital Security, Tetty Herawati Siregar menekankan, implementasi meterai elektronik telah berjalan hampir 2,5 tahun dimana PDS mengemban amanah dari DJP dan Perum Peruri sebagai distributor meterai elektronik, sejak dari awal implementasi, dengan memberikan layanan integrasi dan distribusi meterai elektronik bagi perusahaan-perusahaan yang telah ditunjuk DJP sebagai Pemungut.



Hingga saat ini, telah terdapat 75 perusahaan yang ditunjuk sebagai pemungut yang telah Go-Live dan menggunakan meterai elektronik PDS. Transformasi Digital menjadi keniscayaan dan suatu strategy baru dalam berkompetensi serta meningkatkan efisiensi. Ke depannya, dengan majunya Digitalisasi, maka penggunaan meterai elektronik maupun produk digital akan semakin jauh meningkat dan semakin luas digunakan.

“Oleh karena itu PDS terus berusaha untuk menyediakan layanan dan solusi yang lebih baik lagi, salah satunya dengan menyediakan layanan solusi cyber security yang dapat meningkatkan keamanan sistem teknologi digital perusahaan pemungut. Seluruh layanan dan solusi tersebut merupakan perwujudan dari visi PDS yaitu Menjadi Penyedia Layanan dan Solusi Teknologi Digital Nasional yang Terintegrasi dan Terpercaya,” terangnya.

Pembukaan acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Farah Fitria Rahmayanti selaku Direktur Digital Business Perum Peruri yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Meterai Elektronik telah menjadi fundamental pelengkap dalam transformasi digital pada institusi dan lembaga.

Dengan ditunjuknya Perum Peruri sebagai Govtech oleh Pemerintah, Perum Peruri dapat mengakselerasi pertumbuhan penggunaan Meterai Elektronik karena dalam Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), dokumen yang telah dibubuhi meterai elektronik menjadi satu hal fundamental dalam interaksi antara Pemerintah dengan masyarakat dan institusi lainnya.

"Oleh karena itu, Perum Peruri senantiasa memperbaiki dan sedang mengembangkan sistem meterai elektronik 2.0 untuk mempercepat dan menyederhanakan proses penggunaan meterai elektronik. Salah satunya berupa fitur document tracking pada dokumen yang telah dibubuhi meterai elektronik. Semua itu dilakukan agar cakupan penggunaan meterai elektronik lebih luas lagi dan memberikan value bagi seluruh pihak," ungkap Farah Fitria.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)