Penyebab Marteen Paes Tak Masuk 28 Pemain yang Dipanggil untuk Laga Indonesia vs Vietnam

Sabtu, 09 Maret 2024 - 07:04 WIB
loading...
Penyebab Marteen Paes Tak Masuk 28 Pemain yang Dipanggil untuk Laga Indonesia vs Vietnam
Penyebab Marteen Paes Tak Masuk 28 Pemain yang Dipanggil untuk Laga Indonesia vs Vietnam
A A A
Skuad Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah diumumkan. Tidak ada nama Maarten Paes tidak masuk dalam skuad, berbeda dengan trio naturalisasi lain. Ada apa?

Pada daftar 28 pemain pilihan Shin Tae-yong untuk dua laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret nanti, nama Maarten Paes belum masuk. Kiper FC Dallas itu belum akan debut dengan skuad Garuda senior.



Padahal, calon pemain naturalisasi lain yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masuk dalam skuad. Lantas, apa alasan Maarten Paes tak masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026:

1. Terganjal Statuta FIFA


Maarten Paes diketahui sempat membela timnas U-21 Belanda saat menghadapi Belarus U-21 dalam ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 pada 15 November 2020.

Dalam aturan FIFA, seorang pemain bisa berganti dan bermain untuk tim nasional lainnya jika berusia di bawah 21 tahun pada saat terakhir bermain baik itu tim junior ataupun senior di pertandingan resmi.

"Mungkin setelah dihitung-hitung, waktunya tidak cukup untuk naturalisasi Maarten Paes," kata anggota Exco PSSI sekaligus manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan.

2. Dinamika Pengambilan Sumpah


Ketua PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa Maarten Paes paling cepat bisa membela Timnas Indonesia pada Juni mendatang. Sedangkan dua pertandingan Timnas Indonesia melawan Vietnam digelar Maret. Erick menyebut ada dinamika yang menentukan kelancaran proses naturalisasi pemain major league soccer tersebut.

"Kalaupun Maarten, proses di FIFA-nya lancar, ya Maarten Paes baru bisa memperkuat di Juni atau setelah Juni."

"Tergantung kesempatan dia mengangkat sumpah. Jadi dinamikanya masih ada," ucap Erick Thohir di Jakarta, Jumat (8/3/2024)
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)