Gelandang Keturunan Kanada Buka Peluang Perkuat Vietnam

Minggu, 10 Maret 2024 - 05:05 WIB
loading...
Gelandang Keturunan Kanada Buka Peluang Perkuat Vietnam
Gelandang keturunan Kanada, Pierre Lamothe membuka peluang untuk memperkuat Vietnam / Foto: Bongda
A A A
Gelandang keturunan Kanada, Pierre Lamothe membuka peluang untuk memperkuat Vietnam . Hal tersebut tak berbeda jauh dengan para pemain keturunan Belanda yang menyatakan sikap untuk membela Timnas Indonesia .

Jay Idzes, Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner hingga Thom Haye menjadi pemain keturunan Belanda yang menyatakan sikap untuk membela Timnas Indonesia. Jay Idzes, Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2023.

Sementara Vietnam sepertinya ingin mengikuti jejak Timnas Indonesia untuk meyakinkan para pemain keturunanya membela tanah leluhur. Pierre Lamothe yang merupakan pemain keturunan Kanda telah menyatakan sikap untuk memperkuat The Golden Stars.



Gelandang berusia 26 tahun itu mengaku menemukan kegembiraan kembali bermain sepak bola, setelah klub kasta tertinggi Liga Kanada, Pacific FC meminjamkannya ke Quang Nam FC. Ia pun mengaku sangat istimewa jika mendapatkan panggilan untuk tampil bersama Vietnam.

"Kesempatan datang ke Vietnam sangat berarti bagi saya. Ini membantu saya menemukan kembali kegembiraan bermain sepak bola. Namun, saya belum terlalu memikirkan bermain untuk tim nasional Vietnam," kata Pierre Lamothe dikutip dari Bongda, Sabtu (9/3/2024).

"Saya hanya tahu perasaan itu akan sangat istimewa. Apalagi jika saya dipanggil ke tim, barulah saya akan mengambil keputusan, itu akan menjadi sesuatu yang menarik bagi saya," ucapnya.



Kendati demikian, Pierre Lamothe mengaku akan memperkuat Vietnam jika benar-benar siap. Meski belum yakin, tetapi ia tak menutup kemungkinan untuk membela tanah kelahiran leluhurnya.

"Tapi saya ingin melakukannya ketika saya benar-benar siap dan untuk alasan yang bagus. Saya tidak yakin apakah saya siap saat ini. Namun 5 bulan terakhir di V-League membuatku berpikir bahwa mungkin suatu hari nanti aku bisa bermain untuk tanah air keduaku," sambungnya.

Pierre Lamothe memiliki keturunan Vietnam dari ibunya dan ayahnya berasal dari Kanada. Ia pun bisa membela The Golden Stars, setelah menyelesaikan proses naturalisasi.

bersama Quang Nam FC, Pierre Lamothe sudah tampil selama 824 menit dari 11 laga di Liga Vietnam dan mencetak satu gol. Ia pun bisa menjadi andalan Vietnam di lini tengah, jika Philippe Troussier meyakinkannya untuk berpindah kewarganegaraan.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)