Atasi Kekurangan Tenaga Sopir, Mitsubishi Hadirkan Forklift Otonom

Selasa, 12 Maret 2024 - 15:59 WIB
loading...
Atasi Kekurangan Tenaga Sopir, Mitsubishi Hadirkan Forklift Otonom
Mitsubishi Hadirkan Forklift Otonom. FOTO/ ASIA NIKKEI
A A A
TOKYO - Kekurangan pengemudi di Jepang kini mendorong inovasi di pergudangan. Persaingan Jepang-China memanas dalam hal forklift otonom untuk keperluan logistik.

BACA JUGA - Mitsubishi Outlander PHEV Masuk Pasar Filipina

Insinyur perusahaan Mitsubishi Logisnext mengatakan bahwa dia menerima banyak pertanyaan tentang forklift model self-driving, meskipun harganya beberapa kali lebih tinggi dari versi konvensional.

Seperti dilansir dari Asia Nikkei Selasa (12/3/2024), perusahaan manufaktur forklift Jepang juga mengatakan bahwa pelanggan atau manajemen gudang memiliki sejumlah forklift tetapi mereka tidak dapat menemukan operator untuk mengemudikannya.

Forklift berukuran sedang biasanya dijual dengan harga sekitar 2 juta yen , sedangkan forklift tanpa pengemudi berharga hingga 15 juta yen, termasuk pemasangan infrastruktur jaringan di dalam pabrik.

Menurut Product Developer Mitsubishi Logisnext, Masafumi Monchi, sebelumnya operator gudang menolak banderol harga mahal tersebut, namun kali ini mereka mempertimbangkannya kembali.

“Beberapa pelanggan kami sangat prihatin dengan apa yang disebut ‘masalah 2024’,” kata Monchi, merujuk pada pemberlakuan aturan lembur yang lebih ketat di Jepang mulai 1 April.

Tokyo berupaya mendorong keseimbangan kehidupan kerja dan kehidupan yang lebih baik, namun langkah ini diperkirakan akan memperburuk kekurangan tenaga kerja yang sudah parah di bidang logistik.

Pemerintah Jepang memperkirakan bahwa penegakan hukum yang lebih ketat akan menyebabkan penurunan kapasitas angkutan truk sebesar 14 persen di seluruh negeri pada tahun ini dan 34 persen pada tahun fiskal 2030.

Forklift self-driving Mitsubishi Logisnext memancarkan laser inframerah 360 derajat dan menerima pantulannya untuk memeriksa lokasinya di dalam pabrik, sekaligus menggunakan sensor lain untuk mendeteksi objek apa pun yang menghalanginya.

Operator manusia yang duduk di ruang kendali akan memberikan instruksi untuk memindahkan muatan.

Hingga 20 forklift otonom bekerja sendiri-sendiri, masing-masing menentukan jalur yang menghindari tabrakan dengan yang lain.

Perusahaan juga telah meningkatkan teknologi penginderaannya sehingga memungkinkan forklift self-driving bergerak dengan kecepatan yang sama seperti forklift kru biasa.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)