Ternyata Ini Penyebab Pedro Acosta Gagal Pertahankan Posisi di Barisan Depan MotoGP Qatar 2024

Rabu, 13 Maret 2024 - 16:06 WIB
loading...
Ternyata Ini Penyebab Pedro Acosta Gagal Pertahankan Posisi di Barisan Depan MotoGP Qatar 2024
Direktur Balap KTM, Pit Beirer, mengungkapkan penyebab Pedro Acosta gagal mempertahankan posisinya di barisan depan / Foto: Motorsport
A A A
Direktur Balap KTM, Pit Beirer, mengungkapkan penyebab Pedro Acosta gagal mempertahankan posisinya di barisan depan, hingga akhirnya finis di posisi sembilan pada debutnya di MotoGP Qatar 2024, Senin (11/3/2024). Dikatakan, pembalapnya itu mengalami kram pada bagian lengan kiri sehingga tampil kurang maksimal.

Acosta mencuri perhatian publik dalam debutnya pada balapan utama MotoGP Qatar 2024 bersama tim Red Bull GASGAS Tech3 setelah finis kedelapan dalam sprint. Dia tampil trengginas sejak awal dengan menunjukkan kemampuannya sebagai salah satu rider paling potensial di kelas utama.

Juara Moto2 2023 itu menyalip bintang-bintang MotoGP seperti Fabio Di Giannantonio, Enea Bastianini, Alex dan Marc Marquez hingga bisa merangsek ke posisi keempat. Bahkan, dia mencatatkan waktu tercepat pada lap kedua dibandingkan para pembalap lainnya.



Namun Acosta melakukan kesalahan kecil ketika duduk di peringkat keempat sehingga kemudian disalip oleh Marc. Pada akhirnya, dia pun terus merosot di lap 21 alias lap terakhir dan finis di posisi sembilan.

Beirer mengungkapkan bahwa Acosta terlalu bersemangat di lap-lap awal sehingga ban belakangnya sudah aus di lap-lap akhir. Selain itu, dia juga mengalami kram parah pada lengan kirinya akibat tak menyetel salah satu perangkat ketinggiannya dengan baik. Menurutnya, jika permasalahan itu tak terjadi seharusnya rider asal Spanyol itu bisa finis lebih baik di MotoGP Qatar 2024.

"Kami semua mengira Pedro terlalu liar pada awalnya dan sekarang telah menerima imbalan dari ban belakang. Namun, Pedro mengalami kram parah di lengan kirinya mulai dari posisi tengah hingga seterusnya," kata Beirer dilansir dari Speedweek, Rabu (13/3/2024).



"Penyebabnya adalah tuas pengatur “Ride Height Device” tidak disetel secara optimal. Sejak pertengahan balapan dan seterusnya, penggunaan ibu jari kiri sangat mengganggunya hingga otot-ototnya mulai tegang. Tanpa masalah ini, Pedro seharusnya bisa meningkatkan kecepatannya lebih jauh lagi," tambahnya.

Dengan hasil tersebut, Acosta telah mengumpulkan sembilan poin dalam seri pertamanya di kelas utama. Dia pun duduk di peringkat sembilan klasemen sementara MotoGP 2024 dengan koleksi poin yang sama dengan Di Giannantonio yang berada di atasnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)