Perancang Mobil Legendaris Lamborghini Miura dan Countach, Marcello Gandini Tutup Usia

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:34 WIB
loading...
Perancang Mobil Legendaris Lamborghini Miura dan Countach, Marcello Gandini Tutup Usia
Marcello Gandini adalah desainer mobil legendaris yang dikenal dengan rancangan dan karya yang eksostis. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dunia kehilangan salah satu perancang mobil legendaris, Marcello Gandini , yang baru saja tutup usia. Gandini meninggal di usia 85 tahun, Rabu (13/3).

Marcello Gandini orang yang merancang sejumlah mobil legendaris dan dikenal sepanjang masa. Antara lain supercar Lamborghini Miura dan Countach, mobil konsep Alfa Romeo 33 Carabo yang menakjubkan, dan mobil reli Lancia Stratos yang spektakuler.

Gandini meninggal pada hari Rabu di usia 85 tahun. Tidak ada keterangan mengenai penyebab kematian. Kemungkinan karena memang usianya sudah lanjut.

Gandini sendiri dianggap telah memiliki bakat jenius sejak dini. Dia masih berusia dua puluhan ketika dia menggantikan Giorgetto Giugiaro sebagai kepala desainer untuk Bertone pada 1965.

Meski berusia masih sangat muda, Gandini tidak kewalahan oleh tanggung jawab yang dibebankan di pundaknya.

Perancang Mobil Legendaris Lamborghini Miura dan Countach, Marcello Gandini Tutup Usia

Lamborghini Countach LP500

“Saya memiliki pengalaman yang cukup relevan dalam mengerjakan beberapa proyek. Jadi saya tidak khawatir tidak dapat mewujudkannya,” kenangnya penuh percaya diri. “Hanya saja jadwalnya sangat ketat untuk tiga desain baru yang harus diselesaikan tepat waktu untuk pameran mobil Jenewa pada Maret 1966,” tambahnya dalam suatu wawancara.

Alasan mengapa Gandini sangat populer, adalah desainnya yang acap tidak terduga. Lihat saja lekukan Miura yang pada 1960an jauh lebih maju dari zamannya.

Sementara penerusnya di tahun 1970-an, Countach, terlihat bersudut dan terkesan garang.

Kedua mobil tersebut sama-sama legendaris. Aktor John Cena, misalnya, memiliki Lamborghini Countach warna hitam yang diperkirakan harganya mencapai USD2,6 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)