Truk Listrik Bakal Dapat Insentif, tapi Nggak Ada Produsen yang Tertarik

Kamis, 14 Maret 2024 - 11:04 WIB
loading...
Truk Listrik Bakal Dapat Insentif, tapi Nggak Ada Produsen yang Tertarik
Seperti diketahui, saat ini sejumlah produsen telah memproduksi truk listrik untuk kebutuhan kendaraan komersial. Salah satunya eCanter milik Mitsubishi Fuso. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan wacana pemberian insentif bagi truk listrik. Menurutnya, pemerintah bersama Gaikondo sedang membahas mengenai hal tersebut.

Seperti diketahui, saat ini sejumlah produsen telah memproduksi truk listrik untuk kebutuhan kendaraan komersial. Bahkan, sejumlah produsen sudah melakukan uji coba dengan menerjunkan langsung unit mereka di area pertambangan.

“Nanti kita duduk dengan Gaikindo (membahas insentif truk listrik). Tapi saya harus sampaikan bahwa memang hybrid dan truk listrik akan kita berikan
(insentif),” kata Menperin di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, beberapa waktu lalu.

Kendati begitu, sejumlah produsen kendaraan komersial yang sudah lama berjualan di Indonesia masih enggan membawa truk listrik. Sejumlah faktor menjadi penyebabnya, salah satunya adalah infrastruktur yang belum memadai.

Santiko Wardoyo selaku Chief Operating Officer atau COO PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) mengatakan pihaknya belum tertarik membawa produk elektrifikasinya. Padahal, mereka memiliki truk listrik bernama Hino Dutro EV.

“Truk listrik itu kan butuh infrastruktur yang memadai, kecuali kalau bus TransJakarta, kan dia muter disitu-situ saja. Tapi kalau misalnya saya dari Jakarta ke Surabaya, nge-charge-nya di mana? Iya kan? Itu,” kata Santiko di JCC, Jakarta Pusat.

Attias Asril, Business Strategy Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) juga menyambut baik keputusan pemerintah memberikan insentif truk listrik. Tapi, ia meminta pemerintah bisa memastikan kesiapan infrastrukturnya.

“Itu bagus untuk mendorong industri komersial Indonesia agar segera mengeluarkan produk EV-nya. Tapi kembali, masyarakat dan pengguna butuh kesiapan infrastrukturnya. Karena mereka nggak hanya beli truknya. Truk kan untuk bisnis, jadi nggak bisa berhenti. Kalau itu inline semua, saya rasa positif," ujar Asril.



Tapi, ini berbeda dengan Mitsubishi Fuso yang siap meluncurkan truk listrik, eCanter, dalam waktu dekat.

Bahkan, dikabarkan bahwa kendaraan komersial berbasis baterai itu akan diluncurkan pada ajang GIIAS 2024, yang akan digelar pada Juli mendatang.

“Ada eCanter yang akan kami luncurkan tahun ini di pameran berikutnya. Ini truk listrik yang mendukung pemerintah untuk menjaga keberlangsungan hidup bagi kita semua,” kata Daisuke Okamoto, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga BerlianMotors(KTB).
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)