Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga di Gym saat Puasa?

Minggu, 17 Maret 2024 - 07:31 WIB
loading...
Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga di Gym saat Puasa?
Waktu yang tepat untuk olahraga gym saat puasa menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Waktu yang tepat untuk olahraga gym saat puasa menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Tak boleh sembarang memilih, Anda harus menentukannya secara tepat agar puasa berjalan lancar dan tubuh tetap sehat.

Aktivitas fisik seperti pergi olahraga ke gym bukanlah hal yang dilarang saat berpuasa. Sebab, berolahraga ketika puasa ini bisa membuat tubuh tetap terjaga kebugarannya.

Kendati begitu, aktivitas seperti di atas tidak boleh dilakukan sembarangan. Tak hanya berkaitan dengan jenis latihan atau olahraga yang dilakukan, namun juga pemilihan waktunya.



Lantas, kapan waktu yang tepat untuk olahraga gym saat puasa? Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2024).

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Gym saat Puasa

Ketika sudah terbiasa pergi ke gym, Anda perlu mengatur ulang jadwalnya saat memasuki bulan puasa. Terlebih, tubuh akan membatasi cadangan energi saat berpuasa, sehingga perlu ditentukan jadwal gym yang ideal agar nantinya kondisi tetap bugar dan fit.

Berkaitan dengan waktu gym saat puasa, sebagian ahli merekomendasikan beberapa pilihan. Ada yang menganjurkan saat pagi hari, sebelum berbuka puasa, hingga setelah buka puasa.

Mengutip laman NationalNews, seorang pelatih pribadi di Ultimate Performance Dubai, Aadil Baksh merekomendasikan untuk berolahraga di pagi hari. Namun, jika tidak memungkinkan bisa menggantinya setelah berbuka puasa.

“Berlatih di pagi hari yang terbaik selama Ramadan setelah makan pertama Anda (sahur) pada hari itu. Jika tidak sesuai dengan jadwal Anda, maka pergilah ke gym setelah makan utama pertama setelah berbuka puasa,” saran Baksh.



Lebih lanjut, Baksh memberikan catatan bahwa waktu gym setelah berbuka puasa memiliki alasan tersendiri. Pada momen tersebut, tubuh sudah mendapat energi dan memiliki nutrisi tepat untuk pemulihan yang optimal.

Mengutip HealthXchange, rekomendasi olahraga di gym saat puasa juga direkomendasikan dilakukan sebelum berbuka puasa. Adapun alasannya karena Anda nantinya memiliki kesempatan untuk pemulihan serta hidrasi saat waktu berbuka tiba.

Kemudian, tidak disarankan untuk pergi ke gym saat siang hari, terlebih dalam kondisi yang terik. Olahraga pada waktu tersebut berpotensi menyebabkan tubuh dehidrasi dan memunculkan masalah lain.

Selain pemilihan waktu yang ideal, olahraga di gym saat puasa juga harus memperhatikan intensitas latihannya. Jangan sampai berlebihan agar kondisi tubuh tetap aman dan puasa lancar.

Demikianlah ulasan mengenai waktu yang tepat untuk olahraga di gym saat puasa. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)