SpaceVIP Bawa Chef Michelin, Sajikan Makanan Termahal di Luar Angkasa

Senin, 18 Maret 2024 - 09:03 WIB
loading...
SpaceVIP Bawa Chef Michelin, Sajikan Makanan Termahal di Luar Angkasa
Tiket untuk menikmati sajian istimewa di luar angkasa ini Rp7,8 miliar. (Foto: @Johnspacevip)
A A A
JAKARTA - Demi mempersembahkan sebuah pengalaman perjalanan luar angkasa mewah, seorang koki Denmark dari restoran bintang Michelin didatangkan untuk perjalanan balon luar angkasa berkecepatan tinggi selama enam jam.

Laman NDTV, Senin (18/3/2024) melansir para pencinta kuliner yang penasaran dengan paket wisata luar angkasa akan segera dapat menikmati makanan mewah di stratosfer. Setidaknya jika mereka bersedia membayar hampir USD500 ribu per tiket atau senilai Rp7,8 miliar.

Kurang dari 24 jam setelah perjalanan itu dirilis ke publik, banyak yang bertanya tempat registrasi wisatanya. SpaceVIP, perusahaan perjalanan luar angkasa mewah yang bakal menjadi operator wisata tersebut merencanakan debut tahun depan.

Chef Denmark Rasmus Munk yang terlibat akan membuat menu untuk enam tamu yang akan dibawa ke ketinggian 30 kilometer di atas permukaan laut. Mereka akan makan sambil menikmati matahari terbit di atas lengkungan bumi, dengan Wi-fi di dalam kapal udara memungkinkan mereka untuk melakukan siaran langsung ke teman-teman di rumah.



Dalam wawancara dengan Bloomberg, koki berusia 32 tahun itu mengatakan ingin menghidangkan sesuatu yang inovatif. Makanannya terinspirasi aerogel dan aroma yang dienkapsulasi.

Munk dikenal sebagai koki di restoran Denmark Alchemist yang menempati peringkat kelima dalam panduan 50 Restoran Terbaik Dunia pada 2023. Meskipun harganya mahal, Munk mengatakan ada lebih banyak orang yang tertarik untuk ikut dalam perjalanan pertama daripada yang dapat mereka tampung di pesawat luar angkasa. "Kami menyadari bahwa ini adalah perjalanan pertama yang mahal. Tapi ini adalah peluncuran pertama dengan pengalaman makanan ini di dalamnya," kata Munk.



Jika banyak peminat, SpaceVIP kemungkinan menurunkan harga untuk memungkinkan lebih banyak orang menikmati pengalaman tersebut. "Kami telah memiliki puluhan peserta yang berkualifikasi menunjukkan minat besar dalam pengalaman ini dan, dengan hanya enam kursi tersedia, kami memperkirakan akan menjamin semua penumpang dalam beberapa minggu ke depan," kata pendiri SpaceVIP Roman Chiporukha.

Pesawat luar angkasa yang dibangun oleh Space Perspectives tidak memerlukan pelatihan atau perlengkapan khusus. Kapsul bertekanan akan diangkat oleh balon luar angkasa merunut sebuah teknologi yang dikembangkan oleh NASA.



Uji penerbangan akan dimulai bulan depan oleh SpaceVIP. Paket wisata ini bukanlah bisnis pertama yang menawarkan kesempatan untuk makan di luar angkasa. Tahun lalu, perusahaan berbasis di Prancis, Zephalto, mengumumkan bahwa mereka ingin membuka kesempatan untuk makan di atas balon di tepi stratosfer dengan harga 132 ribu dollar AS atau sekira Rp2,1 miliar pada 2025 mendatang.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)