alexametrics

Jelang Grand Prix Jepang 2018

Hamilton Tatap Gelar Juara Dunia Kelima di Jepang

loading...
Hamilton Tatap Gelar Juara Dunia Kelima di Jepang
Lewis Hamilton akan menjalani langkah menentukan menuju gelar Formula 1 (F1) 2018 di Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (7/10/2018)/Foto/Reuters
A+ A-
SUZUKA - Lewis Hamilton akan menjalani langkah menentukan menuju gelar Formula 1 (F1) 2018 di Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (7/10/2018). Kemenangan akan membawa pembalap Mercedes itu selangkah menuju gelar juara dunia kelima.

Setelah memenangkan Grand Prix Rusia pekan lalu, Hamilton unggul 50 poin atas pembalap Ferrari Sebastian Vettel dengan sisa lima balapan musim 2018 ini.

Sirkuit Suzuka sangat bersahabat bagi Hamilton. Pembalap Inggris Raya itu memenangkan tiga dari empat balapan terakhir di sirkuit sepanjang 5.807 km tersebut. Satu kemenangan yang lepas direbut mantan rekan setim Hamilton di Mercedes, Nico Rosberg, pada 2016.

Hamilton menatap balapan hari Minggu dengan modal lima kemenangan dari enam balapan terakhir. "Lewis (Hamilton) lapar gelar, fokus, dan punya tekad penuh meraih kesuksesan," kata bos tim Mercedes, Toto Wolff. "Senang rasanya melihat kekuatan yang dia bawa ke lomba ini, dan bagaimana dia membawanya ke level berikutnya."

Kemenangan Hamilton di Sochi, Rusia, disokong oleh 'team order'. Rekan setim Valtteri Bottas menepi untuk membiarkan Hamilton lewat. Bottas memulai lomba dari pole dan berada di posisi untuk kemenangan pertamanya tahun 2018 ketika keputusan itu dibuat oleh tim.

Wolff bersikeras 'team order' tidak menyalahi aturan dan strategi dapat dibenarkan. "Pertempuran dengan Ferrari masih sangat dekat, seperti yang ditunjukkan oleh kecepatan Sebastian Vettel pada Minggu dan tekanan yang dia berikan kepada kami," kata Wolff.

"Pada akhirnya, kami meninggalkan Sochi dengan keunggulan yang lebih besar. Tapi kami paham itu tidak berarti apa-apa karena perjuangan kami dengan Ferrari masih jauh dari selesai."

Hamilton dalam posisi terdepan untuk merengkuh gelar juara dunia kelimanya. Bahkan jika Vettel memenangkan kelima balapan yang tersisa, dia tidak dijamin akan mengalahkan Hamilton.

Tapi Vettel, yang telah sukses di Suzuka -menang empat kali antara 2009 dan 2013- tidak akan menyerah begitu saja. "Kami harus terus mendorong dan mencoba," katanya. "Siapa yang tahu apa yang akan terjadi di balapan selanjutnya."
(sha)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak