Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Opsi Kiper Kelas Dunia

Kamis, 21 Maret 2024 - 10:00 WIB
loading...
Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Opsi Kiper Kelas Dunia
Cyrus Margono Resmi Jadi WNI. Foto: Instagram@Cmargono
A A A
JAKARTA - Pesepak bola keturunan Indonesia, Cyrus Margono , telah resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI). Status itu didapatnya setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Pengambilan sumpah WNI oleh Cyrus dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, dia datang pada pukul 08.15 WIB bersama sang Ayah, Johan Margono, dan Staf Khusus Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan.

Sumpah WNI dari Cyrus diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dia dibacakan Keppres RI tentang pengangkatan WNI.



Selepas itu, kiper berusia 22 tahun tersebut membacakan sumpah WNI-nya. Hal itu dilakukann berdasarkan kepercayaan yang dianut olehnya.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Cyrus yang mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.
Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Opsi Kiper Kelas Dunia

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," lanjutnya.

"Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, dengan tulus dan ikhlas," tuturnya.

Sebagai informasi, Cyrus tidak akan menjalani proses naturalisasi. Melainkan, kiper berpostur 191 cm itu hanya tinggal diberikan status sebagai WNI saja.

Cyrus menjadi WNI melalui jalur SKIM (Surat Keterangan Keimigrasian) karena pernah melepas status WNI-nya. Ayahnya sendiri merupakan orang asli Indonesia sedangkan ibunya merupakan warga negara Iran.

Kehadiran Cyrus tentu menjadi kabar baik untuk Timnas Indonesia. Pasalnya, sang pelatih, Shin Tae-yong memiliki tambahan opsi pada sektor penjaga gawang.

Namun, walau sudah mendapat paspor Indonesia, hal itu tidak menjadi garansi Cyrus langsung akan memperkuat Skuad Garuda. Sebab, persaingan di Timnas Indonesia akan menjadi sangat kompetitif lantaran akan hadir juga sosok kiper Dallas FC, Maarten Paes, yang sejauh ini lebih dilirik Shin Tae Yong.

Cyrus sendiri saat ini bermain sebagai kiper klub divisi dua Liga Yunani, Panathinaikos B. Bergabung sejak musim 2021, kiper berpostur 191cm itu telah bermain sebanyak 17 kali dan mencatat tiga cleansheet.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0791 seconds (0.1#10.140)