Ramadan Warga Suriah: Tinggal di Rumah yang Hancur Akibat Bom

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:52 WIB
loading...
Ramadan Warga Suriah: Tinggal di Rumah yang Hancur Akibat Bom
Selama Ramadan, kami senang memasak dan menikmati suasana Ramadan yang indah, namun perang telah melelahkan kami. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Warga Suriah barat laut merayakan Ramadan di rumah mereka yang hancur akibat bom dengan latar belakang krisis ekonomi yang mengerikan; harga sewa yang melonjak, dan perang saudara yang telah berlangsung selama 13 tahun.

Selama bulan suci, umat Islam tantangan yang dihadapi muslim Suriah semakin meningkat. “Tahun ini jauh lebih sulit karena listrik dan air tidak tersedia di gedung-gedung ini, dan kami tidak dapat menyediakan peralatan memasak,” kata Ibrahim Qaq, 48 tahun, kepada Arab News.

“Kami khawatir rumah ini akan roboh dalam sekejap karena seluruh dindingnya retak akibat serangan udara sebelumnya. Jika terjadi gempa bumi atau pemboman dahsyat, rumah ini bisa runtuh.”



Qaq mengungsi dari kota Maarat Al-Numan lima tahun lalu dan berpindah ke kamp pengungsi di barat laut Suriah sebelum menetap di kota Jericho, di selatan Idlib.

Delapan bulan yang lalu, harga sewanya naik dari $25 menjadi $40, memaksanya untuk memindahkan keluarganya ke sebuah rumah kosong dekat garis depan perang saudara yang telah rusak akibat serangan udara.

Ancaman bom dan rudal setiap hari membayangi Qaq dan keluarganya. Namun, ia mengatakan alternatifnya, kembali ke kamp pengungsi , akan lebih buruk lagi, karena tenda yang dihuni para penghuninya terkena cuaca buruk selama musim dingin dan musim panas.

Istrinya, Fatima Umm Zakaria, mengatakan: “Kami menjadi takut akan datangnya bulan Ramadan karena membutuhkan banyak biaya yang tidak mampu kami tanggung karena kami tidak memiliki sumber pendapatan tetap dan kami kehilangan semua uang yang kami miliki.

“Selama Ramadan, kami senang memasak dan menikmati suasana Ramadan yang indah, namun perang telah melelahkan kami.”

Krisis ekonomi dan kemanusiaan yang semakin memburuk, ditambah dengan dampak perang saudara yang sedang berlangsung, juga telah memaksa generasi muda di barat laut Suriah, termasuk anak-anak Qaq, untuk mengesampingkan impian mereka.

“Saya putus sekolah karena kami mengungsi dan saya mulai bekerja di industri konstruksi bersama saudara laki-laki saya untuk menutupi biaya rumah,” kata Omar Qaq, 20 tahun, kepada Arab News.



“Saya berharap untuk menyelesaikan studi saya tetapi tidak ada ruang untuk itu mengingat keadaan yang kita jalani saat ini.”

Dia mengatakan dia berharap keluarganya dapat kembali ke rumahnya di Maarat Al-Numan dan merayakan Ramadhan seperti yang mereka lakukan sebelum perang, dan bersukacita atas kedatangannya.

Program Pangan Dunia PBB terpaksa menghentikan bantuan kepada rakyat Suriah pada awal tahun ini karena kurangnya dana, yang semakin mengikis kondisi kehidupan di negara di mana jutaan orang tidak mempunyai akses yang cukup terhadap makanan. Sekitar 6 juta orang tinggal di barat laut Suriah, dan hampir 50 persen di antaranya menjadi pengungsi.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)