Putin soal Teroris Serang Rusia: Siapa yang Diuntungkan?

Selasa, 26 Maret 2024 - 12:32 WIB
loading...
Putin soal Teroris Serang Rusia: Siapa yang Diuntungkan?
Presiden Vladimir Putin bertanya siapa pihak yang diuntungkan dari serangan teroris di gedung konser Balai Kota Crocus, pinggiran Moskow, Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan serangan teroris di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow jelas dilakukan oleh kelompok Islam radikal. Namun, dia melemparkan pertanyaan kritis: siapa pihak yang diuntungkan?

“Kami tahu bahwa kejahatan ini dilakukan oleh kelompok Islam radikal, kata Putin pada hari Senin.

Meskipun Rusia mengetahui siapa yang melakukan serangan teroris di gedung konser, namun dalang di balik serangan tersebut masih dipertanyakan. "Kami perlu mencari tahu apakah kelompok Islam radikal benar-benar memutuskan untuk menyerang negara ini," ujar Putin.

“Dalam kerja sama dinas khusus dan lembaga penegak hukum kami, perlu diperoleh jawaban atas sejumlah pertanyaan, misalnya apakah organisasi Islam radikal, bahkan yang berpikiran teroris, benar-benar tertarik untuk menyerang Rusia, yang mana hari ini merupakan solusi yang adil terhadap meningkatnya konflik Timur Tengah,” kata Putin saat berkonsultasi dengan pihak berwenang Rusia mengenai langkah-langkah yang diambil setelah serangan teroris, sebagaimana dilansir Sputnik, Selasa (26/3/2024).

"Kejahatan mengerikan yang dilakukan pada 22 Maret di Ibu Kota Rusia adalah tindakan intimidasi...dan pertanyaan yang segera muncul: siapa yang diuntungkan?" imbuh Putin.



“Kekejaman ini hanya bisa menjadi salah satu elemen dari serangkaian upaya yang dilakukan oleh mereka yang telah memerangi negara kita sejak tahun 2014 melalui rezim neo-Nazi di Kyiv.”

Mereka yang menyerang tempat konser Balai Kota Crocus telah mencoba melarikan diri ke Ukraina, di mana, menurut data awal, sebuah “jendela” disiapkan bagi mereka untuk melintasi perbatasan, kata Putin sebelumnya.

Dalam perkembangan terbaru diketahui ada lima orang yang terlibat langsung dalam penembakan massal tersebut, dan semuanya sudah ditangkap.

“Tentu saja, kami juga perlu menjawab pertanyaan mengapa para teroris mencoba pergi ke Ukraina setelah melakukan kejahatan dan siapa yang menunggu mereka di sana,” ujar Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)