Kurma Basah vs Kurma Kering, Mana yang Paling Baik untuk Buka Puasa?

Selasa, 26 Maret 2024 - 13:29 WIB
loading...
Kurma Basah vs Kurma Kering, Mana yang Paling Baik untuk Buka Puasa?
Kurma merupakan buah yang dianjurkan disantap saat berbuka puasa. Foto/ quora
A A A
JAKARTA - Kurma merupakan buah yang dianjurkan disantap saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dapat membangkitkan lagi energi tubuh setelah puasa seharian.

Kurma sendiri memiliki beberapa jenis, yakni kurma kering dan kurma basah. Namun, tahukah Anda bahwa Rasulullah SAW menganjurkan berbuka puasa dengan kurma basah?



Hal ini diungkap pendakwah sekaligus konsultan kesehatan, dr. Zaidul Akbar. Dia menjelaskan alasan kurma basah menjadi pilihan terbaik untuk takjil berbuka puasa.

“Rasulullah SAW berbuka puasa dengan kurma basah. Kurma basah itu kandungan airnya masih cukup tinggi,” ungkap dr. Zaidul dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Selasa (26/3/2024).

Kurma basah memiliki kadar air dan gula yang cukup tinggi sehingga baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Dengan mengonsumsi kurma basah, tubuh bisa mendapat manfaat dari kebaikan air dan gula.

“Dengan mengonsumsi kurma itu kita dapat 2 benefit sekaligus, airnya dapat, gulanya dapat. Dan itu langsung memberikan energi pada tubuh kita,” jelas dr. Zaidun.

Selain itu, dr. Zaidun menjelaskan berbuka puasa dengan kurma dan air putih sangat dianjurkan ketimbang langsung dengan makanan berat.

Untuk itu, bila tidak ada kurma, dr. Zaidun menganjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan lainnya yang tinggi air dan gula. Buah-buahan tersebut dapat memberikan energi tambahan pada tubuh setelah belasan jam menahan lapar dan haus.



“Karena tubuh kita sekian lama tidak menerima makanan, maka jangan makan asupan yang berat dicerna. Maka urutannya ya seperti kurma, air putih, biar tubuh kita beradaptasi,” jelas dr. Zaidun.

“Kalau tidak ada kurma, maka carilah buah-buahan yg tinggi gula dan air, seperti nanas dan anggur,” ucapnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2759 seconds (0.1#10.140)