Indonesia-China Catat Rekor Penyelaman Terdalam di Laut Jawa

Selasa, 26 Maret 2024 - 12:58 WIB
loading...
Indonesia-China Catat Rekor Penyelaman Terdalam di Laut Jawa
Fendouzhe di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Indonesia. (Foto: Xinhua)
A A A
JAKARTA - Dunia riset Indonesia mencatat sebuah sejarah baru dengan melakukan penyelaman terdalam di palung laut. Rekor tersebut dicatatkan sebagai hasil kolaborasi antara Akademi Ilmu Pengetahuan China dan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia.

Catatan rekor penyelaman sejauh 7.178 meter ke Palung Laut Jawa menggunakan kapal selam Fendouzhe pada 23 Februari hingga 23 Maret 2024 lalu.

Shanghaiist melansir, Selasa (26/3/2024) kapal selam berawak Fendouzhe mampu mengangkut manusia hingga 10.000 meter di bawah permukaan air. Misi ekspedisi penyelaman ini untuk memperkuat kolaborasi ilmu kelautan antara China dan Indonesia serta mendukung upaya masa depan dalam ekonomi biru dan pembangunan berkelanjutan.



Selama upacara penyambutan untuk ekspedisi, Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang menekankan pertumbuhan kemitraan penelitian dalam ilmu kelautan antara China dan Indonesia. Dia menyatakan aspirasinya agar kedua negara terus menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang mendukung ekonomi biru dan pembangunan berkelanjutan.



Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan pentingnya ekspedisi bersama sebagai babak baru dalam kerjasama maritim antara kedua negara. Dia mengungkapkan harapannya untuk kolaborasi ilmiah yang diperluas dan pembinaan ilmuwan dan insinyur masa depan di Indonesia.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0848 seconds (0.1#10.140)