Tak Ada yang Aman, Inilah Kandidat Pengganti Quique Setien

Minggu, 16 Agustus 2020 - 12:04 WIB
loading...
Tak Ada yang Aman, Inilah Kandidat Pengganti Quique Setien
Sederet nama telah siap menggantikan posisi Quique Setien sebagai pelatih Barcelona. Foto : Livescore
A A A
BARCELONA - Kata 'tak ada yang aman' seperti dilontarkan Gerard Pique kini jadi tagline baru Barcelona setelah mereka dipermalukan Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions . Sederet nama pun langsung bermunculan untuk menggantikan Quique Setien sebagai pelatih.

Presiden Josep Maria Bartomeu sendiri sudah mengonfirmasi kalau dirinya akan memimpin rapat dewan luar biasa guna membahas masalah tim yang tampil buruk di musim ini. Penunjukkan pelatih ini pun akan jadi polemik baru mengingat tahun depan akan dilakukan pemilihan presiden baru. (Baca juga : Sinyal Pemecatan Setien, Presiden Barca Siap Umumkan Perubahan Besar )

Dengan asumsi Bartomeu tidak mengindahkan seruan mengundurkan diri dan masih beranggapan berkuasa selama 10 bulan lagi, pelatih baru yang akan terpilih nantinya harus sesuai dengan selesa presiden baru. (Baca juga : Calon Pengganti Setien: Kluivert, Pochettino, hingga Allegri Masuk Daftar Target )

Lepas dari peliknya di tubuh manajemen, setidaknya saat ini beredar enam nama calon pengganti Setien. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya seperti dilansir Sportkeeda.

Mauricio Pochettino
Tak Ada yang Aman, Inilah Kandidat Pengganti Quique Setien

Favorit di banyak tempat, mantan bos Tottenham Pochettino bisa menjadi pilihan yang sangat menggoda dan berbiaya rendah. Pelatih asal Argentina, yang meninggalkan Spurs pada November lima bulan lalu setelah mencapai final Liga Champions, telah melunakkan pendiriannya dalam melatih Barca.

Sebelumnya ia sempat menyatakan tidak akan pernah bisa mengambil pekerjaan itu karena kesetiaannya kepada Espanyol. Namun, ada laporan yang menyatakan penunjukan Pochettino bisa memecah belah kondisi internal mengingat komentarnya sebelumnya tentang Barcelona. (Baca juga : Mauricio Pochettino Pelatih Baru Barcelona? )

Xavi
Tak Ada yang Aman, Inilah Kandidat Pengganti Quique Setien

Mantan kapten Barca itu menolak pekerjaan kepelatihan pada Januari ketika Ernesto Valverde dipecat dan dia mungkin berpikir waktunya masih belum tepat untuk mengambil kendali.

Barca mesti melakukan pendekatan dengan Al Sadd serta meyakinkan Xavi untuk kembali, ditambah ada komplikasi politik, dengan kandidat presiden Victor Font menyatakan mantan bintang Spanyol itu akan menjadi pilihannya pada 2021 jika dia memenangkan pemilihan. (Baca juga : Dua Kali Lewatkan Kesempatan Latih Barcelona, Xavi: Waktunya Belum Tepat )

Massimiliano Allegri
Tak Ada yang Aman, Inilah Kandidat Pengganti Quique Setien

Opsi lain yang tidak terikat adalah Allegri. Ia memiliki silsilah terpuji dari waktunya bersama Milan dan Juventus. Enam gelar Serie A, tujuh piala domestik, dan dua final Liga Champions dalam satu dekade terakhir memberi Allegri jadi kandidat kuat.

Dia pasti akan membawa otoritas tanpa kompromi ke ruang ganti, serta pengalaman yang luas. Namun tak mudah mendapatkan pelatih berusia 53 tahun karena sejumlah klub besar seperti Paris Saint-Germain dan Inter juga dikabarkan ingin menggunakan jasanya. (Baca juga : Allegri Kembali, Kemana Mereka Akan Berlabuh? )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)