Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026: Bantai Vietnam, Timnas Indonesia Selangkah Lagi Lolos!

Selasa, 26 Maret 2024 - 21:57 WIB
loading...
Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026: Bantai Vietnam, Timnas Indonesia Selangkah Lagi Lolos!
Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026: Bantai Vietnam, Timnas Indonesia Selangkah Lagi Lolos! Foto: Media PSSI
A A A
Klasemen Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diulas di artikel ini. Dengan keberhasilan Indonesia mengalahkan Vietnam maka skuad Merah Putih cuma butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke putaran ketiga.

Timnas Indonesia baru saja berhasil kalahkan Vietnam dengan skor 3-0 pada lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Tiga gol kemenangan itu dicetak Jay Idzes (9’), Ragnar Oratmangoen (23’), dan Ramadhan Sananta (90+8’).

Kemenangan ini sekaligus membuat Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena sedang menghuni peringkat dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin. Mereka terpaut lima angka dari Irak yang bisa dibilang sudah dipastikan pasti lolos. Sementara Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin.

(Tabel Klasemen)
Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026: Bantai Vietnam, Timnas Indonesia Selangkah Lagi Lolos!

Timnas Indonesia hanya tinggal menyisakan dua pertandingan di Grup F dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang. Dalam dua laga itu, Skuad Garuda bisa dibilang mendapat keuntungan karena bermain di hadapan publiknya sendiri.

Untuk lolos ke putaran ketiga, tim yang dinahkodai Shin Tae-yong ini hanya butuh satu syarat. Timnas Indonesia hanya butuh mengunci kemenangan di antara laga kontra Irak ataupun Vietnam.

Pasalnya, jika sukses mengunci kemenangan diantara dua laga terakhirnya, Timnas Indonesia total akan mengoleksi 10 poin. Jumlah tersebut sudah pasti tidak bisa dikejar oleh Vietnam yang hanya punya poin maksimal sejumlah sembilan poin.

Jika berhasil melaju ke putaran ketiga, maka Timnas Indonesia juga akan lolos otomatis ke Piala Asia 2027. Oleh karena itu, Skuad Garuda wajib fokus untuk meraih kemenangan di dua pertandingan terakhirnya.

Sebagai tambahan, kemenangan atas Vietnam ini sekaligus memutus tren negatif Timnas Indonesia di markas Vietnam. Setelah 20 tahun lamanya, akhirnya Skuad Garuda berhasil kalahkan The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- di Hanoi.

Terakhir kali Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Vietnam di Hanoi pada babak penyisihan grup Piala Tiger (selanjutnya menjadi Piala AFF) 2004. Kala itu, Skuad Garuda yang dinahkodai Peter White berhasil kalahkan Vietnam dengan skor telak 3-0 lewat gol Mohammad Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)