Mengapa Apa yang Diinginkan Israel selalu Dipenuhi AS?

Kamis, 28 Maret 2024 - 18:30 WIB
loading...
Mengapa Apa yang Diinginkan Israel selalu Dipenuhi AS?
AS selalu memenuhi semua keinginan Israel. Foto/AP
A A A
GAZA - Para pengamat perang Israel di Gaza menghadapi pertanyaan dalam beberapa bulan terakhir: Jika AS mengirimkan senjata ke Israel , lalu mengapa masyarakat belum mendengar adanya penjualan senjata selain dua pengiriman senjata pada akhir tahun lalu?

The Washington Post menyampaikan jawabannya minggu lalu. Reporter John Hudson mengungkapkan bahwa pemerintahan Biden telah menyetujui lebih dari 100 paket senjata kecil untuk Israel sejak 7 Oktober yang jumlahnya berada di bawah ambang batas USD25 juta untuk secara resmi memberi tahu Kongres – dan juga masyarakat – tentang transfer tersebut.

Secara total, penjualan kecil ini dapat menambah bantuan militer AS senilai lebih dari USD1 miliar.

Keputusan untuk mengirimkan bantuan AS dalam paket yang lebih kecil bukanlah hal yang aneh. Pemerintah AS telah melakukan hal ini di masa lalu untuk tujuan praktis dan jahat; hanya sekitar 2% dari transfer senjata terjadi di atas ambang batas yang harus diberitahukan kepada Kongres.

Mengapa Apa yang Diinginkan Israel selalu Dipenuhi AS?

1. Israel Adalah Gudang Senjata AS di Timur Tengah

Mengapa Apa yang Diinginkan Israel selalu Dipenuhi AS?

Foto/AP

Namun yang tidak normal adalah kenyataan bahwa banyak dari senjata-senjata tersebut kemungkinan besar sudah ditempatkan di wilayah Israel sebelum perang. Tidak seperti negara-negara lain, Israel mempunyai persediaan senjata Amerika di wilayahnya dan Israel mempunyai akses istimewa.

Ketika sebuah bom buatan AS menghantam Gaza, ada kemungkinan besar bahwa bom tersebut bermula di sebuah fasilitas Amerika, yang dikelola oleh tentara Amerika dan diatur oleh hukum Amerika.

“Jelas bahwa ini adalah sumber senjata utama bagi Israel,” kata Josh Paul, mantan pejabat Departemen Luar Negeri yang mengundurkan diri sebagai protes atas dukungan AS terhadap perang Israel. Sayangnya, Paul menambahkan, “proses ini tidak jelas, jadi sulit untuk mengatakan dengan pasti senjata apa yang mereka dapatkan” dari persediaan.


2. AS Ingin Melindungi Israel

Mengapa Apa yang Diinginkan Israel selalu Dipenuhi AS?

Foto/AP

Gudang senjata ini hanyalah sebagian kecil dari teka-teki. Secara keseluruhan, upaya AS untuk melindungi Israel dari pembatasan hak asasi manusia dan menjamin akses mereka terhadap bantuan militer yang berkelanjutan telah mencapai kemajuan dibandingkan negara lain, menurut para ahli dan mantan pejabat senior AS.

Keuntungan-keuntungan ini termasuk modifikasi pemeriksaan hak asasi manusia, akses khusus terhadap senjata AS, dan veto terhadap penjualan senjata Amerika ke negara-negara tetangga Israel. Hingga saat ini, Departemen Luar Negeri belum melakukan penilaian formal terhadap kepatuhan Israel terhadap hukum dalam perang Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0748 seconds (0.1#10.140)