Tiru Shin Tae-yong, Nova Arianto Jalin Komunikasi dengan 7 Pemain Keturunan

Jum'at, 29 Maret 2024 - 11:11 WIB
loading...
Tiru Shin Tae-yong, Nova Arianto Jalin Komunikasi dengan 7 Pemain Keturunan
Nova Arianto tampaknya mencontek keberhasilan Shin Tae-yong dalam menjalin komunikasi dengan pemain keturunan. Hal ini ia terapkan di Timnas Indonesia U-16 / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Nova Arianto tampaknya mencontek keberhasilan Shin Tae-yong dalam menjalin komunikasi dengan pemain keturunan. Hal ini ia terapkan di Timnas Indonesia U-16 .

Nova menjelaskan bahwa saat ini dirinya sudah menjalin komunikasi dengan tujuh pemain keturunan. Rencananya, para pemain keturunan itu akan dipanggil pada awal bulan Mei 2024.

Sejauh ini Nova telah memanggil 36 pemain untuk menjalani seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-16 yang berlangsung pada Kamis (28/3/2024) sampai Minggu (31/3/2024) mendatang. Adapun seleksi tersebut berlangsung di lapangan latih Jakarta International Stadium (JIS).



Pada seleksi tahap kedua ini, sumber pemainnya diambil dari pemain-pemain EPA yang lolos ke semifinal, serta seleksi Asprov. Pada seleksi hari pertama ini, Nova menempa para pemainnya dengan tes fisik.

Hal itu sengaja dilakukan untuk menilai bagaimana kondisi fisik para pemainnya saat ini. "Kalau hari pertama masih sama seperti disaat pertama ya kita masih fokus tes fisik, jadi kita bisa lihat kondisi fisik mereka sejauh mana. Karena saya lihat beberapa pemain masih belum maksimal kondisi fisiknya dan itu yang menjadi catatan kami agar nanti disaat TC itu jadi konsen kita ke depan," kata Nova.

Nantinya, sebanyak 36 pemain akan diambil dari seleksi tahap pertama gelombang satu sampai 4. Dijadwalkan, pemusatan latihan (TC) akan digelar pada 15 April 2024.



Dari situ, baru Nova akan kembali memusatkan kembali fokus yang harus dijalani Timnas Indonesia U-16 khususnya fisik. Namun demikian, tidak hanya pemain yang diambil tidak akan dari seleksi tahap pertama dan kedua saja.

Nova juga memberikan kabar terbaru terkait peluang adanya pemain keturunan yang menghuni skuadnya. Dia mengungkapkan bahwa saat ini ia sedang menjalin komunikasi untuk membawa tujuh pemain keturunan.

Rencananya, tujuh pemain keturunan itu baru akan dipanggil pada awal Mei mendatang. Namun begitu, eks pemain Persib Bandung ini tidak mengungkap secara detail siapa pemain keturunan yang dimaksud.

"Sejauh ini kita sudah jalin komunikasi dengan mereka dan ada sekitar 7 pemain yang kita sudah lakukan komunikasi. Kita akan lihat apakah mereka bisa datang atau tidak. Kalau sesuai dengan rencana sih di awal Mei kita akan panggil mereka dan kita tunggu komunikasi dari pihak PSSI dengan mereka,” lanjut Nova.

Nova memang mencari pemain terbaiknya untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16. Pasalnya, Skuad Garuda Muda akan mengikuti agenda penting pada tahun ini yaitu Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17. Selain itu juga berharap lolos ke Piala Dunia U-17 2025 mendatang.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3889 seconds (0.1#10.140)