Menteri LHK Ungkap Peran Penting Perguruan Tinggi untuk Penanganan Karhutla

Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:45 WIB
loading...
Menteri LHK Ungkap Peran Penting Perguruan Tinggi untuk Penanganan Karhutla
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan peran penting keilmuan dunia kampus dalam arah pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan. Berbagai pergolakan diskursusnya pun ada di kampus, karena di kampus inilah gudangnya ilmu.

"Kita membutuhkan pengetahuan karena memang kalau kerja di lingkungan hidup dan kehutanan itu harus paham subyeknya, dan itu hanya bisa dengan pengetahuan yang cukup," katanya usai memberikan Keynote Speech pada acara Pesona Kampus Hijau dengan tema diskusi "Keberhasilan Indonesia dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan", dalam keterangan resmi, Jumat (29/3/2024).

Ia juga menegaskan bahwa topik kebakaran hutan dan lahan adalah salah satu bagian dari pekerjaan yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan membutuhkan teknik dan keilmuan yang cukup. Ia berharap kolaborasi acara seperti ini dapat dilanjutkan, dengan diskusi topik yang lain seperti ketahanan pangan, deforestasi, inovasi sosial dari aspek lingkungan, ekonomi biru, ekonomi hijau dan masih banyak lagi.

Baca juga: Menteri LHK Tegaskan Indonesia Konsisten dan Sistematis Tangani Perubahan Iklim

"Jadi semakin terlihat bahwa kolaborasinya memang harus kuat, pilihannya menurut saya tidak ada lagi. Saya 10 tahun menyelesaikan itu, dan luar biasa kalau tidak bersama-sama. Tetapi ada catatannya, bersama-samanya harus produktif dan berada pada satu arah vektor," ucapnya.

Siti Nurbaya menyambut baik tentang langkah untuk membawa hal-hal praktis terkait dengan kebijakan, metodologi dan teknologi menyangkut bentang alam dan berbagai implikasinya untuk pendalaman di kampus. Dengan begitu, stakeholder yang tepat dapat memberikan catatan yang tepat pula.

Acara Pesona Kampus Hijau ini merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi dan apresiasi kepada seluruh pihak, terkait upaya-upaya yang telah dilakukan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Dari berbagai kejadian karhutla dan segala aspek yang berasosiasi dengannya, Pemerintah melakukan transformasi besar-besaran dan berbagai langkah korektif. Pemerintah bersama masyarakat juga mengubah paradigma penanganan karhutla dengan lebih mengedepankan upaya-upaya pencegahan.

Baca juga: Cegah Karhutla, Menteri Siti: KLHK Manfaatkan Modifikasi Cuaca dan Tingkatkan Patroli

Upaya pencegahan permanen diintegrasikan upaya teknologi, upaya operasi dan upaya tata kelola serta partisipasi publik telah membuahkan hasil yang baik. Strategi menuju solusi permanen pencegahan karhutla pun menunjukkan hasil nyata. Indonesia bisa menekan luas karhutla yang signifikan dari tahun ke tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)