Sekutu Baru Dukung Macron soal Kerahkan Tentara NATO ke Ukraina

Senin, 01 April 2024 - 07:27 WIB
loading...
Sekutu Baru Dukung Macron soal Kerahkan Tentara NATO ke Ukraina
Finlandia, sekutu baru NATO, mendukung gagasan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang tidak mengesampingkan pengerahan tentara aliansi ke Ukraina untuk mengalahkan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Finlandia, sekutu baru NATO, mendukung gagasan Presiden Prancis Emmanuel Macron soal pengerahan tentara aliansi tersebut ke Ukraina untuk menolong Kyiv mengalahkan Rusia.

Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen mengatakan Macron telah melakukan hal yang benar dalam upayanya mempertahankan “ambiguitas strategis” untuk membuat Rusia terus menebak-nebak apakah negara-negara Barat akan benar-benar mengerahkan pasukan ke Ukraina atau tidak.

Berbicara kepada Financial Times (FT) pada hari Minggu (31/3/2024), Valtonen mendukung sikap yang diambil oleh presiden Perancis mengenai pengerahan pasukan NATO untuk mendukung Kyiv melawan Moskow, namun dengan alasan bahwa tidak ada kebutuhan mendesak untuk mengirim pasukan tersebut ke sana.



“Sekarang bukan waktunya untuk turun ke lapangan, dan kami bahkan tidak bersedia membahasnya pada tahap ini. Namun, untuk jangka panjang, tentu saja kita tidak boleh mengesampingkan apa pun,” kata Valtonen.

Pendekatan ambigu yang dilakukan Paris terhadap masalah ini, kata dia, adalah pendekatan yang tepat. "Karena hal ini membuat Moskow terus menebak-nebak sejauh mana dukungan Barat terhadap Ukraina dan kesediaan negara-negara NATO untuk benar-benar terlibat konflik dengan Rusia," paparnya.

“Mengapa kita, terutama yang tidak mengetahui ke mana arah perang ini dan apa yang akan terjadi di masa depan, mengungkapkan semua rencana kita? Saya benar-benar tidak tahu,” lanjut dia.

Anggota lain yang lebih kecil dari blok militer pimpinan Amerika Serikat (AS), Lithuania, telah menyatakan sentimen serupa, di mana Perdana Menteri Ingrida Simonyte juga memuji upaya Macron untuk mempertahankan “ambiguitas strategis” dengan Rusia.

“Yang saya sukai dari dua pengumuman Presiden Macron baru-baru ini adalah dia mengatakan mengapa kita harus menerapkan garis merah padahal [Presiden Rusia Vladimir] Putin pada dasarnya tidak memiliki garis merah?” katanya kepada FT.

Dalam beberapa minggu terakhir, Macron telah berulang kali mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh blok yang dipimpin AS, berulang kali membuat pernyataan yang bersifat agresif mengenai prospek pengiriman pasukan NATO ke Ukraina untuk melawan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0873 seconds (0.1#10.140)