alexametrics

Sepeda Nusantara 2018

Masyarakat Buleleng Antusias Ikuti Sepeda Nusantara

loading...
Masyarakat Buleleng Antusias Ikuti Sepeda Nusantara
Masyarakat Buleleng, Bali antusias mengikuti Sepeda Nusantara 2018. Foto : Kemenpora
A+ A-
BULELENG - Masyarakat Buleleng, Bali sangat antusias mengikuti Sepeda Nusantara 2018 yang baru kali pertama digelar. Tingginya animo masyarakat membuat target 2000 peserta terlampaui bahkan lebih.

Memang gelaran event yang jadi andalan Kemenpora untuk menggelorakan olahraga murah kepada masyarakat ini di Buleleng dibarengi dengan beragam kegiatan, seperti Fun Run 5km dan pelepasan Jelajah Sepeda Nusantara menuju Denpasar sejauh 82 Km. Pelepasan tiga kegiatan di bawah payung Ayo Olahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu, diiringi dengan alunan gamelan Bali Ble Ganjur.

Buleleng yang dikenal sebagai kota pendidikan, sangat antusias dengan salah satu program unggulan Kemenpora itu. Terlihat dengan ribuan peserta memadati Taman Kota Ngurah Rai di Jalan Raya Ahmad Yani yang merupakan lokasi start dan finis. Di tengah perjalanan para peserta melewati Pantai Lovina yang menjadi obyek wisata di Kota Singaraja.



Gusti Putu Raka Paryana, Asisten Deputi Kapasitas Pemuda Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, mengaku takjub dengan antusias masyarakat Kabupaten Buleleng dalam memasalkan hidup sehat.

"Sepanjang jalan dari tempat penginapan menuju Taman Kota Singaraja, saya melihat masyarakat bergowes. Ini bukti kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dengan olahraga bersepeda sangat tinggi," kata Gusti Putu Raka Paryana sebelum melepas Sepeda Nusantara etape Buleleng.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Buleleng, I Gede Suyase, tercatat 2500 peserta ikut ambil bagian dengan motto "Ayo Olahraga" Bangun Indonesia yang diluncurkan Kemenpora.

"Target kami sebenarnya cuma 2000 peserta. Ternyata peminatnya sampai hari H terus bertambah. Kami berharap tahun depan kembali dipercaya menjadi penyelenggara," ujarnya.

"Demi mengembangkan olahraga Indonesia, khususnya sepeda, Kabupaten Buleleng selalu siap," tandas I Gede Suyase.

Ke depan menurutnya kegiatan ini jadi barometer di Kabupaten Buleleng. Terlebih sudah mendapat dukungan dari DPRD Buleleng yang diketuai oleh Supriatna.

"DPRD Bulelang tak bisa menolak segala kegiatan yang positif seperti Sepeda Nusantara ini. Kegiatan ini mengajarkan kita pentingnya hidup sehat dengan berolahraga. Kami selalu mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)," tutur Supriatna.

Ya, Sepeda Nusantara menjadi andalan program Ayo Olahraga Kemenpora dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan menjaga kebugaran masyarakat. "Melalui olahraga mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan. Lupakan warna bendera partai," imbuhnya.

Asisten Daerah III Bidang Pendidikan Olahraga dan Sosial Buleleng, Ketut Asta Sumadi juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang memberikan kepercayaan kepada Kota Buleleng menjadi salah satu dari 70 Kabupaten/Kota yang menjadi tempat kegiatan olahraga nasional Sepeda Nusantara.

"Kegiatan Sepeda Nusantara yang pertama kalinya ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Kami berharap Kemenpora bisa memberikan kepercayaan kepada kota Bulelang menggelar kegiatan lainnya yang berskala nasional," harapnya.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak