Siapa Calon KSAU Pengganti Fadjar Prasetyo? Moeldoko: Tunggu Aja

Senin, 01 April 2024 - 15:48 WIB
loading...
Siapa Calon KSAU Pengganti Fadjar Prasetyo? Moeldoko: Tunggu Aja
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bicara tentang pengganti Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Foto/Raka Dwi N
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bicara tentang pengganti Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo . Fadjar bakal memasuki masa pensiun pada 9 April mendatang.

Moeldoko meminta semua pihak untuk menunggu sosok yang bakal menggantikan Fadjar dari posisi KSAU. "Tunggu aja," kata Moeldoko di Kantor KSP, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Moeldoko memastikan bahwa pengganti Fadjar akan segera dilantik sebelum yang bersangkutan memasuki masa pensiun.

Meski begitu, Moeldoko belum mau membeberkan siapa saja sosok yang akan menggantikan Fadjar menjadi KSAU.

"Enggak boleh (dibocorkan)," kata mantan Panglima TNI itu.



Diberitakan sebelumnya, Pengamat militer dan Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menilai ada tiga Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara (AU) berpeluang menjabat Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pengganti Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Diketahui, Fadjar akan memasuki masa pensiun atau usia 58 tahun pada bulan depan atau bertepatan pada Hari Angkatan Udara 9 April 2024.

"Setidaknya ada tiga aspek yang harus diperhatikan dalam pembangunan kekuatan udara, yaitu aspek organisasi, teknologi, dan kesiapan operasi. Artinya, organisasi harus dikembangkan agar sesuai ragam ancaman dengan mempertimbangkan kondisi geopolitik-geostrategis, juga harus mampu menjawab tantangan dan mengantisipasi kendala,” kata Khairul Fahmi kepada SINDOnews, Kamis (7/3/2024).



Menurut dia, untuk menjawab tantangan dan kebutuhan di TNI AU tentu dibutuhkan sosok pimpinan yang benar-benar layak dan kompeten. Dia mengatakan, tentunya bukan berarti yang lain tidak layak dan tidak kompeten, melainkan harus dicari sosok yang paling unggul dari para perwira tinggi unggulan itu baik dari rekam jejak prestasi, pengalaman tugas dan jabatan maupun panjangnya masa aktif sebagai prajurit.



"Mengingat jabatan KSAU adalah jabatan bintang empat maka prioritas pertama adalah melihat siapa saja bintang tiga yang potensial. Menurut saya, ada tiga kandidat yang paling potensial menduduki jabatan itu dengan mempertimbangkan kekayaan pengalaman tugas, jabatan, dan masa aktif. Mereka adalah Dansesko TNI Marsdya Samsul Rizal; Pangkoopsudnas Marsdya Tedi Rizalihadi; dan Pangkogabwilhan II Marsdya Tonny Harjono,” pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)