Konsisten Dampingi UKM, Pertagas Raih The Best SME CSR Awards Asia 2024

Rabu, 03 April 2024 - 14:30 WIB
loading...
Konsisten Dampingi UKM, Pertagas Raih The Best SME CSR Awards Asia 2024
Corporate Secretary Pertamina Gas Muhammad Baron di ajang SME CSR Awards Asia 2024. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Gas (Pertagas) memborong 6 penghargaan pada ajang SME CSR Awards Asia 2024 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR dan Portman Education. Penghargaan internasional tersebut diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Pertagas dalam mendukung kemajuan usaha kecil menengah (UKM) di sekitar wilayah operasionalnya melalui implementasi program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR).

Konsistensi Pertagas mendampingi masyarakat juga membuat afiliasi Sub Holding Gas Pertamina ini memperolehpenghargaan tertinggi sebagai The Best Anugerah UKM TJSL Asia 2024, yaitu penghargaan perusahaan terbaik yang berkomitmen dalam menjalankan program-program CSR sehingga berdampak positif bagi masyarakat di sekitar wilayah operasinya.



Enam penghargaan yang diraih dari SME CSR Awards Asia 2024 terdiri dari empat penghargaan kategori perusahaan yang diraih oleh unit usaha Pertagas, yakni Operation East Java Area (OEJA) kategori pengembangan UKM kelompok wanita dengan program Kidung Tanggulangin, Operation Kalimantan Area (OKA) kategori pengembangan UKM kelompok pemuda dengan program Kampung Bersama, Operation South Sumatera Area (OSSA) kategori pengembangan UKM kelompok petani/nelayan dengan program PUSAKA Tani dan Operation West Java Area (OWJA) kategori mitra pengembangan CSR UKM dengan program Perisai Jaga Bumi.

Selanjutnya, Program CSR PT Pertamina melalui unit usahanya Operation West Java Area (OWJA) yaitu program Kawat Cinta, UKM KWT Kenanga yang meraih penghargaan kategori UKM makanan dan minuman. Program yang telah dirintis sejak tahun 2020 di Desa Tanjung Cilamaya yang mengangkat isu rawan pangan ini, mampu memberdayakan ibu-ibu mantan buruh migran melalui produksi makanan dan minuman hasil pekarangan.

"Melalui berbagai inisiatif, Pertagas berkomitmen terus mendukung pertumbuhan dan perkembangan UKM, memperkuat kemitraan dengan masyarakat dalam upaya penerapan CSR yang berkelanjutan," ungkap Corporate Secretary Pertamina Gas Muhammad Baron, melalui keterangan tertulis, Rabu (3/4/2024).



Baron pun menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diberikan La Tofi School dan Portman Education. Dia menegaskan, komitmen Pertamina Gas dalam membina UKM tidak lepas dari upaya mendukung capaian Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya poin 8 mengenai pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

"Kami juga berpedoman pada prinsip environment social governance (ESG ) dalam menjalankan bisnis dan investasi, tentunya dengan mengedepankan aspek lingkungan, sosial, dan tata Kelola perusahaan yang sesuai dengan good corporate governance (GCG)," tambahnya.

Sustainability Expert La Tofi School of Social Responsibility yang juga salah satu anggota tim penilai Anugerah UKM TJSL Asia 2024 Aris Damono berharap, perusahaan-perusahaan di Asia dapat memanfaatkan ajang ini untuk semakin menguatkan kolaborasinya dengan UKM-UKM di wilayahnya masing-masing. "Dengan begitu, kesepahaman tentang keberlanjutan dan CSR di antara mereka diharapkan menjadi semakin baik dan strategis," tuturnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)