alexametrics

Passemba Toraya, Kejurnas Taekwondo Berbalut Budaya

loading...
Passemba Toraya, Kejurnas Taekwondo Berbalut Budaya
Sejumlah atlet taekwondo akan tampil di Passemba Toraya. Foto : SINDONews/Jufri Tonapa
A+ A-
TANA TORAJA - Passemba Toraya, kejuaraan taekwondo skala nasional yang berbalut tradisional hingga berwisata, akan dilaksanakan di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Event ini akan digelar pada 16 hingga 18 November 2018 di Gedung Wil. III Makale dan Gedung Tammuan Mali.

Kejuaraan Taekwondo yang diangkat dari tradisi suku toraja, yakni Passemba Toraja, Passemba Toraya adalah tradisi yang biasa digelar usai panen padi, sebagai bentuk ucapan syukur akan hasil panen di Toraja. Ketua Panitia mengatakan kejuaraan ini akan diikuti oleh 500 atlet terbaik dari kawasan Indonesia Timur dan Nasional.

"Saat ini persiapan sementara dilaksanakan entry by name(perampungan data atlet) dan publikasi kegiatan, penimbangan berat badan dan technical meeting akan dipimpin oleh technical delegate yang juga wasit nasional Sabeumnim Abd Syahit," kata dr Rudhy Andilolo, Senin (12/11/2018).

Diketahui nantinya pertandingan hari pertama akan dilaksanakan pada 16 November 2018 di Ged Wil III Makale dan pada 17 Nopember 2018 akan dilaksanakan city tour, dimana semua kontingen akan dimanjakan dengan wisata toraja dan pertandingan hari ketiga akan dilaksanakan pada 18 November 2018.

Direncanakan pembukaan nanti akan dimeriahkan dengan penampilan devile nusantara di mana kontingen terjauh yakni dari Maluku. Selain itu juga akan ditampilkan mini tradisi to-sisemba yang mana warisan leluhur ini sudah dilupa dan tidak dilakukan lagi di Toraja.

"Padahal tradisi ini konon memiliki nilai yang sangat penting saat panen, harapan kami semoga ada perhatian kepada olahraga di Toraja khususnya pengadaan GOR dan perhatian kepada cabang olahraga yang aktif mengadakan kegiatan dan pembinaan atlet usia dini khususnya taekwondo Tana Toraja," harap Rudi Andilolo.
(bbk)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak