Cara Sunan Giri Sebarkan Islam di Masyarakat Hindu Buddha Lewat Lagu dan Permainan

Jum'at, 05 April 2024 - 06:03 WIB
loading...
Cara Sunan Giri Sebarkan Islam di Masyarakat Hindu Buddha Lewat Lagu dan Permainan
Kisah Sunan Giri sebarkan Islam lewat lagu dan permainan. Foto/Istimewa/Laduni
A A A
Sunan Giri salah satu tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Ketokohan Sunan Giri dalam menyebarkan agama Islam bahkan terkenal tak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di luar pulau. Pria bernama asli Raden Paku ini juga terkenal kemasyhurannya karena tembang atau lagu-lagunya.

Sosoknya merupakan putra dari Maulana Ishak seorang yang berasal dari Blambangan, Banyuwangi. Sunan Giri ditugaskan oleh Sunan Ampel untuk menyebarkan agama Islam di daerah Blambangan, yang berada di ujung timur Pulau Jawa.

Konon saat itu pengaruh agama Hindu dan Buddha di wilayah Blambangan masih cukup kuat.



Dikutip dari "Sekitar Wali Sanga" tulisan Solichin Salam, Sunan Giri muda memang sempat berguru ke Sunan Ampel, bersama putra Sunan Ampel yang bernama Maulana Makhdum Ibrahim, keduanya menjadi satu perguruan dengan gemblengan Sunan Ampel langsung.

Bahkan Sunan Giri pernah bersama-sama hendak berangkat haji dengan Maulana Makhdum Ibrahim sekaligus memperdalam ilmu agama. Tetapi keduanya sempat singgah di Pasai, Aceh untuk menuntut ilmu di ulama-ulama di sana.

Di Pasai inilah, Raden Paku atau Sunan Giri belajar ilmu agama dari sejumlah ulama hingga akhirnya gurunya di Pasai memberinya gelar "Ainul Yaqin".



Setelah berguru ke wilayah Pasai, Aceh, Sunan Giri kembali ke Pulau Jawa. Ia kemudian mengadakan tempat berkumpul pondok pesantren di Giri. Dimana mayoritas murid-muridnya berasal dari orang-orang kecil dan golongan sudra jika di agama Hindu.

Selain menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, Raden Paku juga mencoba mengembangkan misi menyebarkan agama Islam di luar Pulau Jawa. Dia mengirimkan utusan keluar Jawa yang terdiri dari pelajar, saudagar, hingga nelayan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)