alexametrics

Jelang Grand Prix Valencia 2018

Jangan Marquez yang Disanjung Terus Tim Honda Juga Butuh Pengakuan

loading...
Jangan Marquez yang Disanjung Terus Tim Honda Juga Butuh Pengakuan
Di balik keberhasilan Marc Marquez menyegel gelar juara dunia MotoGP musim ini. Ada kontribusi besar yang dibuat tim Repsol Honda / Istimewa
A+ A-
VALENCIA - Kehadiran Marc Marquez di kelas utama setidaknya telah memberikan warna baru pada gelaran MotoGP. Lima gelar juara dunia sudah berhasil disegel pembalap berjuluk The Baby Alien bersama tim Repsol Honda dalam enam tahun terakhir. Lantas bagaimana tim mampu memertahankan dominasi ini tanpa pembalap asal Spanyol?

Saat tiba di kelas MotoGP pada 2013 lalu, usia Marquez memang terbilang masih sangat muda. Namun dia mampu membuktikan kelihaiannya dalam mengendarai motor RC213V dan berhasil beberapa kali mempecundangi kompatitornya seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan bahkan Andrea Dovizioso.

Seiring waktu, popularitas Marquez kian menanjak ketika merebut gelar juara dunia MotoGP. Hasil positif yang diraih pemilik nomor 93 itu setidaknya mampu mentransfer energi baru kepada pembalap muda untuk tampil di kelas 1000cc.

Tak sedikit pembalap muda mencoba peruntungan dengan memilih naik kelas. Namun begitu, belum ada prestasi yang mampu menandingi Marquez. Dengan kata lain, tim Repsol Honda sangat beruntung meminangnya pada 2013 lalu.

Kendati demikian, tidak sedikit yang mengatakan bahwa kemenangan yang diraihnya merupakan bakat alami yang dimiliki Marquez. Tapi di sisi lain, tim Honda tentunya punya kontribusi besar terutama saat berbicara pengembangan motor RC213V.

Tanpa peran mekanik, Marquez tentunya tidak akan berdiri di podium juara selama lima kali dalam enam tahun terakhir. Karena itu, Honda juga butuh pengakuan atas keberhasilan yang diraih pembalap kelahiran Cervera, Spanyol, 25 tahun silam tersebut.

Prestasi Tim Repsol Honda di MotoGP 2018:

1. Judul konstruktor secara matematis dimenangkan tim Repsol Honda saat balapan di Sepang.

2. Tim Repsol Honda tinggal butuh pengukuhan saja untuk menjadi tim terbaik MotoGP musim ini. Karena mereka unggul 39 poin dari Movistar Yamaha dan 64 angka dari Ducati jelang balapan seri terakhir di Valencia.

3. Saat ini, Franco Morbidelli (Marc VDS Team) masih diunggulkan untuk merebut penghargaan rookie of the year. Anak didik Valentino Rossi itu unggul 10 poin dari pembalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin.
(sha)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak