Ini Dia 7 Prospek Kerja untuk Kamu Lulusan Hubungan Internasional

Jum'at, 05 April 2024 - 13:10 WIB
loading...
Ini Dia 7 Prospek Kerja untuk Kamu Lulusan Hubungan Internasional
Prospek Kerja untuk lulusan Hubungan Internasional. Mulai dari diplomat hingga jurnalis. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Hubungan Internasional merupakan jurusan kuliah yang bisa dibilang mencakup banyak aspek, mulai dari ekonomi, politik, dan keamanan. Jurusan ini cocok untuk kamu yang tertarik pada isu-isu yang sedang terjadi di dunia.

Di jurusan Hubungan Internasional kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu dalam berkomunikasi, berdiplomasi, serta implikasi tentang politik dunia.

Prospek kerja di jurusan ini bisa dibilang sangat baik karena prospek utamanya akan berada di pemerintahan. Perusahaan multinasional juga dapat menjadi tujuan mahasiswa jurusan hubungan internasional karena sangat relevan dengan apa yang dipelajari.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penyuka Ekonomi, Acuan Biar Tidak Salah Prodi

Berikut merupakan 7 prospek kerja jurusan Hubungan Internasional, yang dikutip dari berbagai sumber.

7 Prospek Kerja untuk Kamu Lulusan Hubungan Internasional

1. Diplomat


Bisa dibilang merupakan prospek utama dari jurusan ini karena sangat relevan dengan yang sudah dipelajari di jurusan hubungan internasional. Mulai dari kemampuan berbicara di depan umum, dapat menulis surat/jurnal formal, dan mampu berbahasa asing merupakan hal yang dibutuhkan para ranah pekerjaan ini dan semua itu sudah diajarkan pada jurusan ini.

2. Staf Kedutaan


Masih seputar kementerian luar negeri yang bisa dikatakan juga menjadi opsi kedua apabila tidak bisa menjadi diplomat. Lulusan jurusan Hubungan Internasional juga sangat relevan pada ranah pekerjaan ini karena bisa mengisi posisi staf ekonomi, staf konsulat, staf politik, dan sebagainya.

3. Pejabat Hubungan Pemerintah (Government Relations Officer)


Pekerjaan ini masih terbilang prospek favorit lulusan jurusan Hubungan Internasional karena dibutuhkannya skill dalam menganalisa dan memecahkan masalah serta skill interpersonal dan negosiasi.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Jenis Kepribadian, Kamu Cocok yang Mana?

Ranah pekerjaan ini juga membuka peluang untuk kamu yang berminat untuk bekerja pada perusahaan multinasional yang ada di dalam negeri.

4. Konsultan Internasional


Merupakan pekerjaan yang masih relevan dengan jurusan Hubungan Internasional karena masih mempelajari ilmu ekonomi global. Pekerjaan ini menyangkut bidang sumber daya manusia, riset pasar, manajemen, dan sebagainya. Kemampuan yang relevan pada bidang pekerjaan ini adalah analisis data, kemampuan untuk berpikir kritis, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.

5. Politisi


Tidak sedikit juga lulusan Hubungan Internasional yang menjadi politisi yang juga merupakan prospek kerja favorit. Peluang menjadi politisi ini masih sangat relevan karena dalam jurusan Hubungan Internasional sendiri mempelajari tentang ilmu pemerintahan serta ilmu politik.

6. Public Relations


Seperti yang kita tahu pekerjaan ini memiliki tugas utama sebagai penghubung komunikasi antara perusahaan dengan pihak lain. Pekerjaan ini meliputi memantau kompetitor bisnis, membangun self branding dari perusahaan itu sendiri, hingga merencanakan dan mengadakan jumpa pers.

7. Jurnalis


Pekerjaan ini juga masih sangat relevan dengan jurusan Hubungan Internasional karena didalamnya masih seputar mengumpulkan data, menulis berita, serta menyebarkan informasi ke masyarakat. Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, kemampuan dalam analisis, dan kemampuan dalam berbahasa asing yang semuanya sudah diajarkan di jurusan Hubungan Internasional.

Nah demikian tadi 7 potensi karier lulusan jurusan Hubungan Internasional . Semoga informasi ini bermanfaat ya.

MG/Pandu Najogi
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2921 seconds (0.1#10.140)