Tradisi Ramadan di Gaza yang Tinggal Kenangan

Jum'at, 05 April 2024 - 15:17 WIB
loading...
Tradisi Ramadan di Gaza yang Tinggal Kenangan
Tradisi Ramadan seperti ini kini sudah tidak bisa dilakukan lagi di Gaza. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Tradisi Ramadan yang biasa dilakukan umat Islam di Gaza berubah menjadi ketakutan, kelaparan dan kesedihan. Banyak keluarga terpaksa membatalkan ritual tersebut selama bulan suci Ramadan tahun ini, lantaran konflik yang sedang terjadi.

Yara Mahdi, seorang pelajar berusia 19 tahun di Gaza selatan, mengatakan Ramadan yang dia tahu dan hargai sejak masa kecilnya adalah kenangan yang memudar karena kehancuran, pengungsian dan kekurangan makanan dan pasokan penting yang disebabkan oleh perang.

“Ramadan di Gaza dulunya adalah saat yang paling indah sepanjang tahun, bulan yang paling saya cintai,” kata Mahdi kepada Arab News. “Itu adalah waktu untuk berkumpul bersama keluarga, pesta yang berlimpah, dan malam yang penuh dengan tawa, cinta, dan kehidupan. Bukan gambar yang Anda lihat hari ini.”



Warga Gaza yang sudah lama terbiasa dengan jamuan makan berlimpah, dekorasi jalan yang berwarna-warni, dan kelap-kelip lampu selama bulan suci Ramadan malah mengalami kondisi seperti kelaparan, kehancuran rumah mereka, dan kehilangan orang-orang yang mereka cintai.

Sebuah laporan yang didukung PBB yang diterbitkan pada tanggal 18 Maret memperingatkan bahwa karena pembatasan Israel terhadap jumlah bantuan yang diizinkan masuk ke Gaza, populasi wilayah tersebut yang berjumlah 2,3 juta jiwa menghadapi kerawanan pangan akut, dan sekitar 300.000 orang terjebak di wilayah utara dan berada di ambang kelaparan.

Pada tanggal 11 Maret, hari pertama bulan suci Ramadan, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak para pejuang “untuk menghormati semangat Ramadan dengan membungkam senjata dan menghilangkan semua hambatan untuk memastikan pengiriman bantuan yang menyelamatkan nyawa dengan kecepatan dan skala besar yang diperlukan. ”

Meskipun Dewan Keamanan PBB kemudian mengeluarkan resolusi pada tanggal 25 Maret yang menuntut gencatan senjata segera selama bulan suci Ramadan, pembantaian di Gaza terus berlanjut.



Kementerian kesehatan Gaza melaporkan sejak serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu operasi balasan udara dan darat oleh militer Israel di Gaza, hampir 33.000 warga Palestina telah terbunuh.

Bagi ribuan keluarga Palestina yang dilanda kesedihan, kegembiraan yang mereka rasakan selama perayaan Ramadan tahun-tahun sebelumnya pasti terasa seperti kehidupan lain.

“Semangat Ramadan memenuhi suasana Gaza sepanjang bulan ini,” kata Mahdi, mengenang pertemuan tahun lalu.

“Mulai pertengahan bulan Ramadan, kami mengadakan buka puasa yang ramai ditandai dengan suasana kekeluargaan yang nyaman. Setelah makan utama, kami biasa menikmati minuman dingin, kopi, dan makanan penutup, seperti Nabulsi kunafa, Arabian kunafa, qatayef, dan kullaj, dan masih banyak lagi. Kami biasa makan makanan penutup setiap malam selama Ramadan.”

Salah satu aktivitas yang lebih dinikmati Mahdi dibandingkan buka puasa bersama keluarga adalah Tarawih, yaitu salat malam yang ia lakukan selama bulan suci bersama teman-temannya di masjid mereka.

“Sejak kecil, saya sering pergi ke Masjid Abu Khadra,” katanya. “Tahun lalu, saya menunaikan tarawih bersama teman-teman setiap malam, meski harus berjalan jauh setelah rumah kami dibom pada perang tahun 2021 dan kami harus pindah.



“Perjalanan jauh itu diisi dengan ngobrol dan canda tawa. Dan selama 10 hari terakhir bulan Ramadan, kami tinggal di masjid sampai matahari terbit; kami sahur di sana dan menunaikan salat Subuh.”

Operasi militer Israel yang sedang berlangsung di Gaza telah membuat Mahdi tidak bisa melakukan ritual Ramadan favoritnya; Masjid Abu Khadra adalah salah satu dari lebih dari 1.000 masjid di wilayah tersebut yang rusak atau hancur sejak 7 Oktober.

Reem, seorang dokter Palestina yang pindah ke Inggris pada tahun 2019, juga mengenang perayaan Ramadan di tahun-tahun yang lalu. Dia mengatakan bulan suci ini adalah waktu yang paling disayangi sepanjang tahun di kampung halamannya di Gaza, di mana perayaan sering kali dimulai seminggu lebih awal.

“Pasar akan ramai, dengan toko-toko yang menjual berbagai jenis kurma, kacang-kacangan, buah kering, jus, dan barang-barang lainnya dalam jumlah besar, sementara jalanan ramai dengan orang-orang yang berbelanja untuk persiapan Ramadan dan mengunjungi kerabat,” katanya kepada Arab News.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)