Tarif Tiket Bus saat Arus Mudik Lebaran di Malang Naik 100 Persen

Sabtu, 06 April 2024 - 09:02 WIB
loading...
Tarif Tiket Bus saat Arus Mudik Lebaran di Malang Naik 100 Persen
Harga tiket bus dari Terminal Arjosari Malang naik pada dua trayek bus AKAP maupun AKDP. Foto: MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Arus mudik dan balik lebaran 2024 membuat harga tiket bus keberangkatan dari Terminal Arjosari Malang naik. Kenaikan harga tiket terjadi pada dua trayek bus baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Kenaikan harga setiap Perusahaan Otobus (PO) berbeda-beda tarifnya. Tapi dari informasi yang dihimpun, kenaikan tarif mulai dari 10 persen hingga 100 persen, sejak H-7 lebaran atau pada Minggu (3/4/2024) lalu.

Kru bus AKDP Malang Blitar Pipit mengakui ada kenaikan tarif tiket bus yang biasanya Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu di masa angkutan lebaran. Kenaikan itu berlaku hingga nanti masa arus balik lebaran.



”Naik 10 ribu, jadi 50 (ribu), ini sudah naik, (naik sejak kapan) tanggal 4 kemarin,” kata Pipit saat berbincang di Terminal Arjosari Malang, Sabtu (6/4/2024).

Tetapi kenaikan tarif tidak sebesar lebaran tahun lalu. Karena efek banyaknya program mudik balik gratis yang diadakan beberapa instansi pemerintah, serta swasta.

“Ya nggak berani, naik cuma 10 ribu saja. Itu sampai tanggal 17 nanti. (Kalau dinaikkan mahal-mahal) Takut nggak ada penumpang, ini saja menurun karena mudik gratis," ungkap kondektur bus jurusan Malang - Blitar, dari PO Bagong ini.

Kenaikan harga tiket bus juga terjadi di bus AKAP jurusan Malang - Jakarta. Tetapi kenaikan tarif bus ini hanya naik Rp 50 ribu, dari harga Rp 420 ribu untuk kelas eksekutif, sebagaimana disampaikan M. Sholeh, sopir bus AKAP PO Agra Mas.



”Cuma naik 50 ribu, normalnya 420 (ribu), kalau tahun lalu sudah naik 100 persen. Tapi ini karena sepi nggak berani naikkan tinggi-tinggi, takut nggak ada penumpang,” kata Sholeh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2884 seconds (0.1#10.140)