Cerita Jonatan Christie Usai Menikah: antara Bulu Tangkis dan Keluarga

Sabtu, 06 April 2024 - 18:01 WIB
loading...
Cerita Jonatan Christie Usai Menikah: antara Bulu Tangkis dan Keluarga
Cerita Jonatan Christie Usai Menikah: antara Bulu Tangkis dan Keluarga
A A A
JAKARTA - Kehidupanpebulu tangkis Jonatan Christie mulai berubah sejak memasuki bahtera rumah tangga. Menyelaraskan antara karier bulu tangkis dan keluarga menjadi hal yang tak mudah bagi Jonatan.

Pria yang akrab disapa Jojo itu telah menikah dengan Shania Junianatha atau Shanju pada 1 Desember 2023. Setelah hampir lima bulan menikah, adaptasi masih tetep dilakukan Jojo dan Shanju meski sudah berpacaran cukup lama.

Terlebih keduanya juga datang dari dunia yang berbeda. Jonatan bisa dibilang aset bulu tangkis Tanah Air yang saat ini diharapkan merebut medali emas Olimpiade Paris 20204. Lalu, Shanju berasal dari dunia entertainment yang juga mantan personil JKT48.

Dalam wawancara eksklusif bersama MNC Portal Indonesia, Jojo pun menceritakan perjalanan hidupnya sesudah menikah. Di mana, ia harus bisa membagi waktu antara kariernya di bulu tangkis dan keluarga.

Adaptasi Jonatan Setelah Menikah

Sebagai atlet, Jojo sudah terbiasa dan sudah mencurahkan banyak waktu untuk latihan dan ikut berbagai turnamen di berbagai belahan dunia. Hal itu tentu menyita banyak waktu yang membuat pemain berusia 26 tahun itu harus bisa menyesuaikan diri ketika menikah.

Terlebih, Jojo saat ini masih punya tugas dan komitmen besar untuk berprestasi di Olimpiade Paris 2024 pada Juli mendatang. Jika sebelum menikah fokusnya hanya satu yakni bulu tangkis, kini setelah menikah ia harus bisa menyeimbangkannya dengan keluarga.

“Ternyata menikah tidak semudah itu, karena beberapa bulan, 3 bulan lebih menikah, ada mungkin ya, bukan permasalahan sih tapi lebih ke pembelajaran aja antara pekerjaan ya pekerjaan, keluarga ya keluarga. Itu kan kita harus tahu batasannya,” kata Jojo.

“Kita harus punya batasan kapan saya menempatkan diri sebagai Jonatan yang profesional di pekerjaan dan Jonatan yang ya memang untuk keluarga. Itu yang ternyata enggak mudah untuk nge-adjust itu, dari waktu, dari perhatian. Dari beberapa hal saya rasa ‘ya lu mesti belajar lagi nih untuk tahu batasan-batasan itu’,” lanjut sang juara All England 2024 itu.

Pengertian Shanju dengan Karier Jonatan Setelah Menikah

Dengan kesibukan yang dimiliki di bulu tangkis, Jojo bersyukur memiliki istri seorang Shanju. Bahkan setelah keduanya mengikat janji, pemain jebolan klub Tangkas itu merasa bahwa sang istri sudah sangat mengerti apa yang dialami dalam kehidupannya sebagai seorang atlet.

“Semenjak menikah dia lebih bisa lagi ngerasain up and down-nya saya. Dia lebih bisa merasakan, karena setiap saya pulang saya ceritakan kondisi gimana segala macem, feeling latihan gimana,” ujar Jonatan.

“Banyak hal-hal seperti itu yang mungkin dulu dia mengikutinya 60%, tapi sekarang dia benar-benar ngerasain, ngikutinnya yang 100%, jadi bener-bener coba untuk merasakan bahwa ini bagian dari hidupnya juga,” sambungnya.

Salah satu bentuk pengertian Shanju terhadap Jojo adalah merelakan sang suami untuk tetap tinggal di asrama Pelatnas PBSI. Secara otomatis, Jojo akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan latihan dan latihan. Meski ketika libur, ia juga akan tetap pulang ke rumah bersama sang istri.

“Yang saya lebih takjub sama dia, dia ngerti. Dia mengerti apa yang saya butuhkan, apalagi ini untuk Olimpiade. Saya stay dulu di Pelatnas, dia sangat mengerti itu. Bisa mendapatkan istri yang pengertian itu saya bersyukur, dia pengertiannya luar biasa banget untuk saya,” ucap Jojo.

Saat ini, Jojo juga akan menjadi seorang ayah. Namun, dengan padatnya jadwal pertandingan yang dimiliki Jojo sejak awal tahun, ia tak menyangkal merasakan sedih. Sebab, selama kehamilan sang istri, Jojo juga tidak bisa selalu ada di samping Shanju.

“Hal yang utama soal waktu. Contohnya seperti saya kemarin pergi pulang tanding, pergi pulang tandung, tiba-tiba anak (di kandungan) udah 4 bulan aja. Ya bisa dibilang dia (Shanju) lebih banyak menghabiskan waktu sendiri untuk melewati momen ini dibanding bareng-bareng sama saya,” imbuh juara Asian Games 2018 itu.

Komitmen Jojo Sudah Diputuskan Sebelum Menikah

Tetapi, komitmen Jojo terhadap bulu tangkis sudah diputuskan bersama-sama dengan Shanju dari sebelum menikah. Begitu juga dengan sang pelatih Irwansyah, di mana Jojo juga berjanji akan tetap fokus untuk Olimpiade Paris setelah menikah.

“Balik lagi karena ini sudah menjadi komitmen, sebelum menikah pun sudah berkomitmen bahwa nanti setelah menikah pokoknya priority utama tetap di Olimpiade gitu. Jadi tolong dingertiin,” jelas Jonatan.

“Saya sudah ngomong soal ini ke dia sebelum menikah, jadi mungkin dia juga udah paham. Ya paling membagi waktunya, kalau misalnya saya latihan enggak terlalu berat atau bisa pulang lebih awal ya mungkin saya akan balik nemenin dia dulu,” imbuhnya.

“Bahkan bukan hanya dia tapi sama bang Aboy -sapaan akrab pelatih Irwansyah- juga sudah ngomong, sudah komitmen. Maksudnya bukan saya asal memutuskan nikah yaudah nikah aja gitu. Bahkan udah dipikirin satu tahun sebelum menikah. Saya udah bilang sama bang Aboy, dari saya juara Indonesia Masters kalau saya enggak salah itu, saya udah izin duluan ke bang Aboy,” tutup Jonatan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)