alexametrics

Kalahkan Les Bleus, Belanda Kirim Skuad Der Panzer ke League B

loading...
Kalahkan Les Bleus, Belanda Kirim Skuad Der Panzer ke League B
Kalahkan Les Bleus, Belanda Kirim Skuad Der Panzer ke League B
A+ A-
ROTTERDAM - Belanda sampai sekarang belum pernah menjuarai Piala Dunia. Meski demikian, De Oranje mampu membuat dua negara yang pernah merajai jagat raya ini menangis dalam waktu yang bersamaan.

Belanda memaksa Prancis dan Jerman gigit jari setelah melakoni lanjutan UEFA Nations League. Armada Ronald Koeman membuat Les Bleus yang notabene juara Piala Dunia 2018 mendapat malu karena dikalahkan 2-0 di Stadion Feijenoord, Sabtu (17/11).

Lalu, apa hubungannya dengan Jerman? Ternyata, sukses Negeri Kincir Angin melibas Prancis menyebabkan kampiun Piala Dunia 2014 itu terdegradasi ke League B. Sebab, Der Panzer sudah dipastikan jadi juru kunci Grup 1.

Gol yang dilesakkan Georginio Wijnaldum sebelum rehat serta penalti Memphis Depay saat injury time, telah mengubah peta persaingan. Belanda yang semula terancam tersingkir, kini malah berpeluang melaju ke semifinal.

Belanda yang pada pertemuan pertama dengan Prancis takluk 1-2, sekarang mengumpulkan enam angka. Mereka hanya tertinggal satu angka dari armada Didier Deschamps. Artinya, Daley Blind dkk tinggal mengalahkan Jerman pada laga penutup penyisihan Grup 1 untuk lolos ke babak gugur.

Soalnya Prancis tidak bisa menambah angka lagi karena duel kontra Belanda kemarin merupakan yang terakhir. “Kami menunjukkan bisa mengakhiri masa suram. Namun, saya tidak menduga tim ini bisa tampil sangat baik selama 90 menit,” ujar Koeman, dilansir skysport.

Hanya saja, duel kontra Jerman yang akan berlangsung di Veltins-Arena, Selasa (20/11) dipastikan tidak akan mudah bagi Belanda. Tuan rumah diyakini bakal tampil lepas karena sudah dipastikan turun kasta.

Jerman harus rela terdegradasi karena belum pernah menang dari tiga laga yang diikuti. Tim asuhan Joachim Loew itu kini tertinggal lima angka dari Belanda. Artinya, sekalipun nanti bisa meraih hasil positif, itu tidak akan mengubah apa-apa.

Tapi, justru itu yang dipercaya bisa membuat Jerman lebih berbahaya. Marco Reus dkk tentunya ingin memulihkan reputasi dengan setidaknya meraih satu kemenangan di ajang UEFA Nations League.

“Saya tidak menyangka tim ini bisa membaca permainan dengan begitu baik. Kami telah mengambil langkah maju yang sangat signifikan. Kami tampil bagus dari awal hingga akhir. Semoga kami bisa melakukan hal serupa pada laga selanjutnya (melawan Jerman),” tutup Koeman.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak