alexametrics

Ronaldinho Pompa Semangat Millenial di MISK Global Forum

loading...
Ronaldinho Pompa Semangat Millenial di MISK Global Forum
Legenda sepak bola Brasil Ronaldinho berbagi pengalaman dan memompa semangat generasi muda dalam MISK Global Forum di Riyadh, Arab Saudi, beberapa waktu lalu/Foto/Sindonews/Hanna Farhana Fauzie
A+ A-
RIYADH - Riuh aplaus partisipan yang memadati salah satu hall di MISK Global Forum di Riyadh, Arab Saudi, terus membahana ketika legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho, naik ke atas panggung.

Ronaldinho didapuk sebagai salah satu pembicara yang dinantikan partisipan MISK Global Forum di Riyadh, pekan lalu. Di hadapan ribuan hadrin, mantan bintang Barcelona tersebut mengungkapkan bakat tanpa kerja keras adalah sesuatu yang mustahil. Dia juga mengungkapkan akan membuka akademi sepak bola di Jeddah, Arab Saudi, tahun depan.

Ronaldinho berada di Riyadh menghadiri MISK Global Forum, ajang internasional yang mengumpulkan ribuan generasi muda dari berbagai negara dan dikumpulkan di Four Seasons Riyadh, 14-15 November yang juga dihadiri Sindonews.com.



MISK Global Forum yang digelar kali ketiga ini diinisiasi oleh MISK Foundation yang didirikan oleh Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman selaras dengan Visi 2030 yang saat ini didengungkan pemerintah Arab Saudi.

MISK Foundation fokus untuk mengembangkan skill generasi muda di empat sektor yakni pendidikan, kreatif dan digital media, teknologi dan kebudayaan serta kesenian. Diharapkan digelarnya MISK Global Forum para peserta dapat mengaplikasikannya di masa yang akan datang.

Ronaldinho mengatakan generasi muda harus memiliki mimpi. Baginya, mimpi adalah bagian dari proses menjadi bintang sepak bola. Namun, dalam mewujudkan mimpi, kerja keras adalah faktor yang tidak bisa ditinggalkan.

“Bagi kalian yang ingin menjadi atlet suatu hari nanti, dedikasikan hidup kalian untuk memburu mimpi itu, dan jangan pernah menyerah,” ujar pria yang piawai menabuh perkusi itu.

Ronaldinho yang tampil dalam sesi bertajuk Discipline and Fun of Teamwork itu juga menekankan bahwa bakat besar pemberian Tuhan adalah salah satu yang harus disyukuri. Namun, tanpa latihan keras semua itu tidak ada artinya.

“Sepanjang karier saya, saya selalu bekerja keras. Tuhan memberi saya bakat luar biasa untuk bisa bermain sepak bola. Bakat ditambah kerja keras adalah sesuatu yang menyenangkan,” imbuhnya.

Untuk para milenial yang hadir di MISK Global Forum, Ronaldinho memberikan nasihat sederhana. “Selalu siapkan diri Anda agar bisa bersaing dan unggul. Jadi pengembangan bakat sangat penting. Jangan lupa juga untuk saling mendukung antar-kawan ataupun rekan kita. Saling membantu amat penting. Terus rendah diri, jangan berubah jika sukses,” sarannya.

Pembawaan Ronaldinho yang santai membuat partisipan sangat menikmati sesi ini. Apalagi mantan penggawa Paris Saint-Germain ini juga sangat dermawan dalam memberikan saran untuk para generasi muda.

“Jangan pernah takut akan kegagalan. Saya gagal berkali-kali. Di sepak bola kegagalan adalah hal yang wajar, begitu juga bidang lain. Kita tidak akan selalu menang atau unggul. Di sana pentingnya pembekalan, karena kita juga harus siap menghadapi kegagalan dan tak putus asa,” ujar Ronaldinho.

Ronaldinho juga terkesan dengan keramahan warga Arab Saudi. Tak heran bila dia lantas memilih Jeddah sebagai salah satu lokasi akademi sepak bola miliknya. “Saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih dan juga sambutan hangat dari warga Arab Saudi,”papar Ronaldinho.

Akademi sepak bola Ronaldinho dibangun setelah sang bintang pensiun. “Akademi ini adalah salah satu cara saya berterima kasih kepada sepak bola dan masyarakat yang selalu mendukung saya. Akademi ini sangat saya banggakan,” sambungnya.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak