5 Jurusan yang Punya Prospek di Perusahaan Migas, Teknik Pertambangan Salah Satunya

Rabu, 10 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
5 Jurusan yang Punya Prospek di Perusahaan Migas, Teknik Pertambangan Salah Satunya
Jurusan teknik pertambangan menjadi salah satu jurusan yang lulusannya memiliki prospek kerja menjanjikan di perusahaan migas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah yang lulusannya punya prospek bekerja di perusahaan migas. Ingin berkarier di perusahaan minyak dan gas (migas)? Melanjutkan studi di jurusan sains dan teknologi (Saintek) adalah salah satu jalannya.

Di jurusan saintek banyak program studi yang bisa mewujudkan mimpimu bekerja di perusahaan migas. Artikel kali ini akan membahas 5 jurusan kuliah yang punya prospek di perusahaan migas. Apa saja?

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Punya Prospek Menjanjikan di Perusahaan MIgas


1. Teknik Pertambangan


Perusahaan migas sangat membutuhkan lulusan teknik pertambangan untuk pengambilan sumber daya bumi seperti mineral, batubara, batuan, logam, dan logam. Dimana hasil penambang tersebut dikelola menjadi produk jadi yang dimanfaatkan oleh masyarakat.

Terdapat beberapa kampus yang membuka jurusan ini seperti Institusi Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Sriwijaya dan lainnya.Mempelajari jurusan ini akan memahami kegiatan penambangan seperti eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan, manajemen peenambangan.

2. Teknik Perminyakan


Jurusan Teknik perminyakan memiliki peluang yang besar dalam bekerja di perusahaan migas, karena di dalamnya mempelajari minyak, gas bumi, dan panas bumi. Mahasiswa juga akan mendalami tentang reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan, manajemen pengelolaan lapangan minyak secara menyeluruh.

Terdapat beberapa PTN yang memiliki jurusan ini dan dapat detikers pilih yaitu, Institut Teknologi Bandung, Universitas Jember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, dan beberapa PTS yang tersedia seperti Universitas Pertamina, Universitas Islam Riau, dan lainnya.


3. Teknik Geologi


Teknik Geologi merupakan ilmu tentang bumi seperti batuan, bentuk, dan hubungan antar batuan serta proses kejadiannya. Tujuan dari jurusan ini adalah memberikan pengetahuan agar mampu menjelaskan keadaan alam dan proses terjadi di permukaan maupun dalam bumi, seperti mineral, batubara, dan gas alam. Itulah mengapa jurusan ini juga dibutuhkan di perusahaan migas.

Beberapa kampus menyediakan Teknik Geologi seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, dan masih banyak lainnya.

4. Rekayasa Minyak dan Gas


Jurusan Rekayasa Minyak dan Gas merupakan jurusan yang berfokus dalam mempelajari minyak dan gas, termasuk di dalamnya ada produksi, pengolahan, transportasi, dan penyimpanan minyak dan gas.

Sayangnya, hanya ada satu PTN yang menyediakan jurusan ini, yaitu Institut Teknologi Sumatera yang hadir dalam memberikan pengetahuan minyak dan gas dari hulu ke hilir. Dalam jurusan, mahasiswa dapat memilih konsentrasi keahlian seperti reservoir engineer, drilling engineer, production engineer, dan process & distribution engineer.

5. Teknik Geomatika


Teknik Geomatika adalah bidang ilmu yang memadukan ilmu Geodesi dan ilmu informatika, dimana akan mempelajari pengumpulan, pemodelan, analisis, dan manajemen data spasial. Sehingga lulusannya menguasai teknologi informasi untuk menunjang pembangunan atau masalah bumi.

Teknologi informasi geografi, remote sensing, dan sistem informasi geospasial dalam jurusan ini, sangat dibutuhkan ketika berada di perusahaan migas, untuk mengelola sumber daya alam seperti minyak dan gas.Jurusan ini terdapat pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)