5 Negara Eropa yang Merayakan Lebaran dengan Tradisi Uniknya

Selasa, 09 April 2024 - 15:30 WIB
loading...
5 Negara Eropa yang Merayakan Lebaran dengan Tradisi Uniknya
Masjid Sentral Cologne menjadi salah satu pusat perayaan Idulfitri di Jerman. Foto/aa
A A A
MOSKOW - Terdapat beberapa negara Eropa yang merayakan Lebaran dengan tradisi-tradisi uniknya. Ada yang saling memberi hadiah, hingga adakan festival menarik.

Eropa memang bukanlah benua yang banyak dihuni oleh pemeluk Agama Islam, namun bukan berarti perayaan Idulfitri di Benua Biru ini tidak meriah.

Mengingat Idulfitri merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Islam, setiap orang ingin perayaan yang terbaik di hari tersebut.

5 Negara Eropa yang Merayakan Lebaran

1. Prancis


Prancis menjadi negara Eropa yang cukup banyak dihuni oleh komunitas Muslim, yakni sekitar 7 % dari total populasi di tahun 2019.

Pada saat Lebaran, masyarakat muslim Prancis kerap mengadakan "petit fete" atau pesta kecil yang merupakan istilah untuk menggambarkan momen Idulfitri.

Selama tiga hari perayaan Idulfitri di Prancis, orang-orang menyediaakan berbagai makanan manis di rumah mereka dan saling bersilaturahmi.

Di Prancis, penetapan hari raya Idulfitri dilaksanakan Dewan Muslim Perancis atau Conseil Francais du Cute Musulman (CFCM).

2. Jerman


Dilansir dari Morrocco World News, tradisi Idul Fitri di Jerman berkisar pada pembelian hadiah, dengan banyak anak menerima uang, pakaian, atau mainan untuk acara tersebut.

Tidak hanya itu, masyarakat muslim Jerman juga menandai berakhirnya Bulan Puasa dengan menyediakan makanan manis di setiap rumah dan memakan makanan tradisional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)