Seperti Apa Pertarungan Tinju yang Setara dengan UFC 300?

Jum'at, 12 April 2024 - 05:55 WIB
loading...
Seperti Apa Pertarungan Tinju yang Setara dengan UFC 300?
Seperti Apa Pertarungan Tinju yang Setara dengan UFC 300?/DAZN/Instagram UFC
A A A
Seperti apa pertarungan tinju yang setara dengan UFC 300 ? Promotor Bob Arum menjelaskan perbandingan yang diperoleh petinju dengan petarung UFC. Akhir pekan olahraga tarung ini diambil alih oleh UFC 300, sebuah ajang penting yang akan diadakan pada hari Sabtu di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat.

UFC 300 menjadi tonggak yang memungkinkan institusi bela diri campuran berusia hampir 25 tahun ini untuk mengembangkan diri sembari menghasilkan kartu pertandingan yang dipenuhi oleh para juara dan mantan juara serta para petarung elite yang berprospek. Di saat tinju secara efektif menyingkir untuk membiarkan saudara olahraga tarungnya menikmati sorotan, kami bertanya-tanya apakah ilmu pengetahuan yang manis ini mampu menampilkan kartu pertandingan yang begitu dalam, mengingat model finansial yang kontras?

Pertimbangkan terlebih dahulu jadwal UFC 300. Laga utama akan mempertemukan juara kelas berat ringan Alex Pereira melawan penantang peringkat teratas Jamahal Hill. Laga pendukung utama mempertemukan juara kelas terbang mini wanita Zhang Weili dari China melawan rekan senegaranya, Yan Xiaonan.



Dan para veteran yang sudah mapan, termasuk penantang lama Justin Gaethje dan mantan jawara Max Holloway, Holly Holm, Jiri Prochazka dan Aljamain Sterling berada di antara delapan pertandingan teratas, yang juga mencakup kemungkinan juara masa depan Bo Nickal dan Kayla Harrison, mantan juara judo Olimpiade yang melakukan debutnya di UFC melawan Holm.

"Perbedaan besar - [UFC] mengontrol [keuangan] para petarung mereka jauh lebih besar daripada kami," kata promotor veteran Top Rank, Bob Arum, yang memperkirakan bahwa petarung UFC dibayar 20 persen dari keuntungan kotor perusahaan, sementara para petinju biasanya mendapatkan 80 persen dari keuntungan promotor mereka.

"Satu-satunya tempat yang dapat melakukan hal seperti ini adalah Arab Saudi, di mana kondisi ekonominya jauh berbeda. Di Arab Saudi, jika sebuah pertarungan tambahan membutuhkan biaya sebesar USD5 juta, tidak masalah, karena mereka ingin menjadikan Riyadh sebagai pusat hiburan yang besar,"papar Arum.

Membayangkan pertarungan tinju yang sebanding dengan yang ada di kartu UFC 300, BoxingScene muncul dengan ini: Untuk laga penyisihan pra-bayar-per-tayang kedua, UFC akan mempertandingkan laga kelas bantam wanita yang mempertemukan mantan juara Holm - yang terkenal karena mengalahkan Ronda Rousey - dengan Harrison, yang baru saja pindah dari Liga Petarung Profesional.

Pertandingan yang setara dengan tinju adalah mantan atlet Olimpiade AS, Marlen Esparza, yang mempertahankan sabuk juara kelas terbang melawan Gabriela Fundora, saudara perempuan pemegang gelar juara dunia kelas welter super, Sebastian Fundora. Meskipun hadiah UFC tidak diumumkan hingga setelah kartu pertandingan, dan sering kali tidak termasuk bonus pasca-pertandingan atau bonus tambahan, kami meminta Arum untuk memperkirakan total hadiah dari delapan pertandingan yang kami anggap setara dengan UFC 300.

Perkiraan Arum untuk Esparza-Fundora: USD800.000
Pertandingan pendahuluan UFC 300 berikutnya adalah kembalinya mantan juara Sterling, yang kini berada di peringkat kedua kelas bulu, menghadapi petinju veteran Calvin Kattar. Pertandingan yang setara dengan tinju adalah pemegang gelar kelas bulu Leigh Wood melawan Robiesy Ramirez dari Kuba, yang berada di peringkat No. 8 oleh majalah The Ring.

Perkiraan hadiah dari Arum untuk Wood-Ramirez: USD1,5 juta
Mantan juara kelas berat ringan Jiri Prochazka akan menutup babak pendahuluan UFC 300 melawan Aleksandr Rakic yang berada di peringkat kelima.
tinju yang setara mungkin adalah mantan pemegang gelar kelas berat ringan Oleksandr Gvozdyk melawan mantan pemegang gelar kelas menengah super, Callum Smith.

Perkiraan hadiah dari Arum untuk Gvozdyk-Smith: USD2 juta
Kartu pertandingan UFC 300 akan dibuka dengan pertandingan antara prospek kelas menengah Nickal melawan Cody Brundage. Pertandingan tinju yang setara di kelas menengah mungkin akan mempertemukan Elijah Garcia yang belum terkalahkan melawan Ammo Williams.



Perkiraan hadiah dari Arum untuk Garcia-Williams: USD750.000
Pertaruhannya semakin meningkat saat kartu pertandingan berlanjut, dan UFC 300 menawarkan pertarungan kelas ringan yang berkualitas antara Charles Oliveira yang berada di peringkat teratas dan Arman Tsarukyan yang berada di peringkat keempat. Dalam tinju, kelas ringan yang naik peringkat adalah William Zepeda dan Raymond Muratalla yang tak terkalahkan.

Perkiraan Arum untuk Zepeda-Muratalla: USD1 juta
Arum berhenti sejenak untuk melihat "pembuatan" laga ini dan menekankan "poin utama" dari seluruh latihan ini. "Saat anda melihat Zepeda-Muratalla, [promotor Zepeda] Oscar [De La Hoya] mungkin lebih menginginkan laga itu daripada saya, dan dapat mengatakan pada mereka, 'Saya akan membayar dua kali lipat dari itu untuk tampil di DAZN,'" kata Arum. "Itu akan meningkatkan harga dari laga itu. Dan sekarang saya tidak bisa mendapatkannya di kartu ini."

"UFC tidak harus berurusan dengan masalah itu. Yah, saya kira mereka harus melakukannya karena mereka baru saja membayar sejumlah ganti rugi antimonopoli. ... Saya tidak akan dituntut karena antimonopoli karena saya berkompetisi dengan [promotor saingan] Al [Haymon], Oscar, Eddie [Hearn] dan Frank [Warren], namun [UFC] benar-benar tidak memiliki siapa pun yang berkompetisi. Itulah mengapa saya mengatakan bahwa satu-satunya cara agar kartu seperti ini bisa selesai dengan kami adalah jika itu berakhir di Arab Saudi."

Di Riyadh, Turki Alalshikh - Ketua Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi - telah mengawasi beberapa kartu pertandingan yang menguntungkan dan sarat dengan muatan, termasuk acara bulan lalu yang dilaporkan menampilkan pertandingan utama senilai USD70 juta yang menampilkan mantan juara kelas berat Anthony Joshua melawan mantan juara UFC Francis Ngannou, yang dilaporkan mendapat bayaran sebesar USD20 juta - menghancurkan pendapatannya di UFC.

Laga tersebut juga menampilkan mantan pemegang gelar kelas berat Joseph Parker, perebutan gelar kelas menengah junior dan perebutan gelar kelas bulu. Promotor tinju domestik "harus menghasilkan uang atau setidaknya tidak merugi agar bisnis mereka tetap berjalan, jadi hampir tidak mungkin untuk mengadakan kartu besar tanpa faktor luar seperti dukungan dari Arab Saudi," kata Arum.

Arum dengan cepat mengingatkan bahwa, di satu sisi, UFC memang harus meningkatkan dompetnya dengan menyetujui bulan lalu untuk membayar penyelesaian senilai USD335 juta sebagai tanggapan atas tuntutan hukum class action yang diajukan oleh para mantan petarung yang menuduh UFC berusaha untuk bertindak sebagai monopoli dan membatasi minat para petarung untuk memaksimalkan pendapatan mereka. "Anda tidak bisa menyamakan ekonomi dalam tinju dengan ekonomi di UFC, yang merupakan sebuah monopoli semu," kata Arum. Ketika diberitahu bahwa pembagian dolar tetap menarik untuk dilihat, promotor yang terkadang cerewet ini menjawab, "Tidak, tidak... .

"Saya harus memberi makan semua orang yang bekerja untuk saya, dan kemudian terus menghasilkan uang agar saya dapat terus mempekerjakan mereka," kata Arum. "Ini bukan pandangan yang jujur tentang dua model bisnis yang serupa kecuali jika Anda berbicara tentang perbedaan dalam pembagian yang berbeda yang didapatkan [petarung dan petinju UFC] dari keuntungan."



Tepat di bawah pertandingan utama UFC 300, petarung yang tangguh dan menghibur, Gaethje, akan bertemu dengan mantan juara Holloway dalam pertandingan kelas ringan. Hal yang sama juga akan terjadi dalam pertarungan dunia nyata yang dipromotori oleh Arum's Top Rank di Perth, Australia, bulan depan, antara mantan juara tiga divisi, Vasiliy Lomachenko, melawan mantan juara kelas ringan, George Kambosos Jr.

Perkiraan bayaran yang akan diterima Arum dari Lomachenko-Kambosos: USD5 juta
Perebutan gelar divisi terbang mini wanita co-utama wanita asal China di UFC 300 ini mencerminkan perebutan gelar divisi minimum yang tak terbantahkan baru-baru ini, yang diadakan Arum di Glendale, Arizona, antara juara saat itu, Seniesa Estrada dan Yokasta Valle.

Perkiraan bayaran yang akan diterima Arum dari Estrada-Valle: USD600.000
Untuk pertandingan utama UFC 300 antara Pereira dan Hill, pertandingan kelas berat ringan yang setara dengan tinju adalah juara tiga divisi, Artur Beterbiev dari Rusia, melawan petinju populer Meksiko-Amerika, David Benavidez.

Perkiraan Arum untuk Beterbiev-Benavidez: USD15 juta
Itu setara dengan USD26,5 juta untuk sebuah pertandingan tinju, sebuah ambang batas finansial yang menurut Arum sangat jarang terjadi dalam olahraga ini, kecuali untuk pertandingan Saul Canelo Alvarez dan pertandingan-pertandingan di Timur Tengah. "Kami biasanya melatih prospek kami untuk mendapatkan kartu dalam pertarungan empat sampai enam ronde. ... Jika kami mencoba melakukan delapan pertarungan seperti ini - semuanya 10 sampai 12 ronde - itu akan menjadi seperti pertandingan bisbol ganda," kata Arum. "Siapa yang akan tahan dengan itu?

Arum tentu saja akan hadir di sana - namun, sekali lagi, ia adalah seorang petinju yang pada hari Rabu terbang meninggalkan kemeriahan UFC di Las Vegas demi menghadiri kartu pertandingan yang disiarkan oleh ESPN dari Corpus Christi, Texas. "Pertarungan UFC adalah lima ronde, maksimal. Jika saya melakukan 10 pertarungan, secara keseluruhan, saya harus memulai kartu pertandingan pada siang hari, dan orang-orang akan makan siang dan makan malam di arena. Kebanyakan orang tidak akan melakukan itu."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)