Inilah Amalan yang Dapat Menyelamatkan dari Siksa Kubur

Minggu, 14 April 2024 - 07:41 WIB
loading...
Inilah Amalan yang Dapat Menyelamatkan dari Siksa Kubur
Amalan yang menyelamatkan manusia dari siksa kubur adalah dengan menghindari semua perkara yang dapat menyebabkan dijatuhkannya siksa kubur.. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Ada amalan-amalan yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur . Amalan ini penting diketahui umat Islam, terutama dengan menghindari semua perkara yang dapat menyebabkan dijatuhkannya siksa kubur.

Imam Ibnu Qayyim dalam kitabnya yang berjudul 'Kitab ar-Ruh' menjelasakan, hal pertama yang dapat menyelamatkan manusia dari siksa kubur adalah dengan menghindari semua perkara yang dapat menyebabkan dijatuhkannya siksa kubur.

Salah satu di antara amalan penting bermanfaat yang dapat menghindarkan manusia dari siksa kubur yaitu hendaklah seorang hamba duduk sebentar dengan menyebut nama Allah sebelum tidur guna melakukan muhasabah atas diri sendiri dengan menghitung kembali segala kerugian dan keuntungan yang telah didapat dalam satu hari yang baru saja berlalu.

Setelah itu, menurut Ibnu Qayyim, hendaklah seorang hamba memperbaiki tobatnya dengan tobat yang tulus di hadapan Allah Ta'ala, lalu tidur dalam pertobatan itu sembari bertekad untuk tidak mengulangi dosa yang telah dilakukannya apabila nanti dia bangun dari tidurnya.

Sedangkan Syaikh Nawawi Al-Bantani menyebutkan ada beberapa amalan yang dapat menyelematkan seseorang dari siksa kubur. Beliau menukil perkataan dari sebagian Ahli Fadhilah. "Barang siapa ingin selamat dari siksa kubur maka senantiasalah melakukan empat perkara dan menjauhi empat perkara.

Adapun 4 (empat) perkara yang dimaksud adalah:

1. Menjaga salat lima waktu
2. Bersedekah
3. Membaca Al-Qur'an (salah satunya rutin membaca surat Al-Mulk)
4. Memperbanyak bertasbih.

Keempat perkara ini dapat menyinari kuburan dan meluaskannya.

Sedangkan 4 perkara yang harus dihindari yaitu:

1. Berbohong
2. Berkhianat
3. Mengadu domba
4. Najis air kencing karena sebagian besar siksa kubur disebabkan oleh ketidak hati-hatian terhadap najis air kencing.
Demikian gambaran singkat siksa kubur dan amalan yang menyelematkan.

Semoga Allah memberi kita taufik-Nya agar selamat di alam kubur.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)