Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Ribuan Kendaraan Padati Pelabuhan Bakauheni

Minggu, 14 April 2024 - 18:03 WIB
loading...
Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Ribuan Kendaraan Padati Pelabuhan Bakauheni
Pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai dipadati pemudik arus balik Lebaran 2024. Foto/MPI/riyan rizki roshali
A A A
JAKARTA - Pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai dipadati pemudik arus balik Lebaran 2024. Mereka akan melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Merak, Banten pada Minggu (14/4/2024) sore ini.

Berdasarkan di lokasi pukul 17.30 WIB, ribuan mobil terlihat mengantre di area parkir tiket eksekutif yang lokasinya terletak di dekat pintu naik ke kapal.

Sementara itu, antrean kendaraan roda empat itu mengular hingga ke bagian sisi dari Pelabuhan Bakauheni lainnya. Terlihat sejumlah pemudik memilih untuk keluar dari mobilnya sembari menunggu bongkar muat kapal.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau kondisi arus balik mudik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (14/4/2024).



Budi menegaskan saat ini kondisi arus mudik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni masih relatif landai atau tidak adanya penumpukan. “Alhamdulillah dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini kondisi Pelabuhan Bakauheni relatif landai,” katanya di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.



Budi menegaskan, hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah perbaikan salah satunya penambahan jumlah kapal yang beroperasi. “Improvment yang kita lakukan pertama kali adalah jumlah kapal yang dioperasikan atau pergerakan itu Insyaallah satu hari kalau kemarin itu 131, di sini akan menjadi 146 trip,” ujar dia.

“Lalu beberapa yang kita lakukan di sini, kita memiliki war room, di situ semua stakeholders hadir, dan semua satu kata dengan ada satu screen yang menunjukkan narasi keberangkatan dari kapal, sehingga apabila kapal melampaui 45 menit dia harus jalan, sebaliknya SPB juga harus dilaksanakan kurang dari 5 menit, sehingga tidak ada delay-delay yang berarti,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6103 seconds (0.1#10.140)