Gejala serta Cara Atasi Post Holiday Blues, Kondisi Cemas dan Tidak Bersemangat Pascalibur Lebaran

Senin, 15 April 2024 - 15:51 WIB
loading...
Gejala serta Cara Atasi Post Holiday Blues, Kondisi Cemas dan Tidak Bersemangat Pascalibur Lebaran
Post holiday blues adalah sindrom di mana otak masih belum menerima kehilangan hal-hal yang menyenangkan selama liburan dan merangsang otak untuk beristirahat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Libur lebaran 2024 akan segera berakhir. Biasanya, hal ini membuat beberapa orang merasa tak bersemangat untuk kembali beraktivitas ataupun bekerja.

Ternyata, kondisi tersebut kerap dikaitkan dengan post holiday blues. Sindrom yang juga dikenal dengan istilah vacation blues ini merupakan perasaan negatif yang kerap muncul usai liburan.

Lantas, apa itu post holiday blues dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber, Senin (15/4/2024).



Post holiday blues adalah sindrom di mana otak masih belum menerima kehilangan hal-hal yang menyenangkan selama liburan dan merangsang otak untuk beristirahat. Perasaan kaget dan resah karena liburan telah usai serta harus kembali ke aktivitas sehari-hari juga merupakan penyebab post holiday blues.

Gejala post holiday blues sangat bervariasi, antara lain tidak bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari dan rasa malas. Gejalanya juga bisa berupa tidak antusias dengan lingkungan tempat beraktivitas, rasa lelah berkepanjangan, gelisah, emosional, sakit kepala, insomnia, stres, bahkan depresi.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi post holiday blues.

1. Istirahat Cukup

Salah satu cara menangani post holiday blues adalah istirahat yang cukup. Anda harus memastikan jam tidur dalam sehari telah cukup agar tidak memicu insomnia yang berisiko tinggi terhadap depresi dan gangguan kecemasan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mampu mengurangi rasa stres, seperti ikan, dark chocolate, dan teh hijau.


3. Buat Rencana Aktivitas Seru

Agar Anda bisa melupakan rasa kesepian maupun kehilangan, cobalah membuat rencana aktivitas untuk beberapa hari ke depan. Misalnya buat agenda bertemu dengan teman. Sebab, berinteraksi atau bersosialisasi secara langsung adalah hal penting untuk meningkatkan mood.

4. Olahraga

Faktanya, olahraga bisa mengurangi gejala kecemasan yang muncul tiba-tiba. Perlu diketahui, kecemasan berhubungan dengan adrenalin dan kortisol yang membuat otot menegang.

5. Minta Bantuan Profesional

Jika Anda merasa gejala post holiday blues terus berlanjut dan tak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya seperti psikolog.

Anda bisa menceritakan gejala yang dirasakan sehingga psikolog akan memberi solusi yang tepat terhadap keluhan kesehatan mental Anda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3017 seconds (0.1#10.140)