PM Lee Hsien Loong Segera Serahkan Kekuasaan, Akankan Ada Gejolak di Singapura?

Senin, 15 April 2024 - 16:33 WIB
loading...
PM Lee Hsien Loong Segera Serahkan Kekuasaan, Akankan Ada Gejolak di Singapura?
PM Singapura Lee Hsien Loong akan segera menyerahkan kekuasaan. Foto/Reuters
A A A
SINGAPURA - Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, 72, mengumumkan bahwa ia akan menyerahkan kekuasaan kepada penggantinya, Lawrence Wong, pada 15 Mei.

Wong, 51 tahun, saat ini menjabat sebagai wakil perdana menteri dan menteri keuangan Singapura, dan telah menjadi perdana menteri terpilih sejak tahun 2022.

Dalam pernyataan yang diposting di situs Kantor Perdana Menteri, Lee menyebut transisi kepemimpinan sebagai “momen penting”.

“Saya akan melepaskan peran saya sebagai Perdana Menteri pada tanggal 15 Mei 2024 dan Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong akan dilantik sebagai Perdana Menteri berikutnya pada hari yang sama. Lawrence dan...tim telah bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, terutama selama pandemi," katanya dilansir Reuters.

Pemilu diperkirakan akan diadakan beberapa bulan setelah penyerahan kekuasaan.



Akankah Singapura mengalami gejolak secara ekonomi dan politik?

Tidak! Wong dilantik sebagai calon PM pada bulan April 2022 setelah kegagalan yang jarang terjadi dalam transisi kepemimpinan ketika penerus sebelumnya tiba-tiba mengundurkan diri dan menggagalkan perencanaan kepemimpinan yang biasanya diatur dengan cermat.

Wong akan menjadi PM Singapura keempat di luar keluarga pendiri negara ini yang telah memimpin negara ini selama lebih dari 50 tahun sejak negara kota tersebut memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1960an.

Melansir Time, Wong, yang telah lama dipandang sebagai penerus Lee, “mendapat dukungan penuh dari anggota parlemen PAP,” kata pernyataan itu, mengacu pada Partai Aksi Rakyat yang berkuasa di negara itu, yang terus mendominasi politik sejak didirikan di bawah mendiang ayah Lee, Lee Kuan Yew. , yang merupakan Perdana Menteri pertama negara itu selama 31 tahun sebelum mengundurkan diri pada tahun 1990, meskipun ia tetap berpolitik hingga tahun 2011.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)