Lampaui Perkiraan, Ekonomi China Tumbuh 5,3% di Kuartal I-2024

Selasa, 16 April 2024 - 12:56 WIB
loading...
Lampaui Perkiraan, Ekonomi China Tumbuh 5,3% di Kuartal I-2024
Ekonomi China tumbuh 5,3% di kuartal I-2024 melampaui perkiraan banyak analis. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional menunjukkan, ekonomi China tumbuh 5,3% pada kuartal I-2024, melampaui pertumbuhan ekonomi di kuartal sebelumnya. Capaian itu juga di atas ekspektasi para analis dalam jajak pendapat Reuters yang sebelumnya memproyeksikan pertumbuhan 4,6%.

"Hasilnya positif bagi perekonomian untuk mencapai targetnya. Momentum tampaknya stabil untuk saat ini, dibuktikan dengan data bulan Maret yang tidak mengejutkan," kata Jeff Ng, kepala strategi makro Asia di SMBC di Singapura seperti dilansir Reuters, Selasa (16/4/2024).



Dia menilai, sentimen masih cenderung bearish dan mengantisipasi beberapa pembalikan pada kuartal terakhir tahun 2024. Secara kuartalan, PDB China tumbuh 1,6% pada kuartal pertama tahun 2024 ini, di atas perkiraan pertumbuhan sebesar 1,4%.

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini dinilai masih kesulitan untuk bangkit kembali pasca-Covid, karena terbebani oleh penurunan properti yang berkepanjangan, meningkatnya utang pemerintah daerah, dan lemahnya belanja sektor swasta.

Sebelumnya, lembaga pemeringkat Fitch memangkas prospek peringkat kredit China menjadi negatif pada minggu lalu, dengan alasan adanya risiko terhadap keuangan publik, karena Beijing menyalurkan lebih banyak belanja untuk infrastruktur dan manufaktur teknologi tinggi, di tengah peralihan dari sektor properti.

Pemerintah memanfaatkan proyek infrastruktur, cara yang sering digunakan negara itu untuk membantu mengangkat perekonomian karena konsumen khawatir terhadap pengeluaran dan dunia usaha kurang percaya diri untuk melakukan ekspansi.

Di sisi lain, inflasi konsumen China lebih rendah dari yang diperkirakan pada bulan Maret, sementara deflasi harga produsen masih berlanjut, hal ini menunjukkan lemahnya permintaan domestik dan memperkuat permintaan pasar untuk lebih banyak stimulus guna memacu permintaan.

Perekonomian China mengawali tahun ini dengan baik, namun data ekspor, inflasi konsumen, dan pinjaman bank pada bulan Maret menunjukkan bahwa momentum tersebut bisa kembali melemah. Data terpisah mengenai output pabrik dan penjualan ritel, yang dirilis bersamaan dengan laporan PDB, juga menunjukkan melambatnya momentum.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)