alexametrics

Tampil Paling Konsisten, The Citizens Diprediksi Juara

loading...
Tampil Paling Konsisten, The Citizens Diprediksi Juara
Tampil Paling Konsisten, The Citizens Diprediksi Juara
A+ A-
WATFORD - Mahkota Liga Primer hanya menjadi milik tim paling konsisten. Persyaratan itu sejauh ini telah diperlihatkan Manchester City (Man City). Itu membuat The Citizens dijagokan dapat memutus kutukan sulitnya mempertahankan gelar.

Meraih tiga poin seperti rutinitas biasa bagi David Silva dkk. Terbaru, mereka menaklukkan Watford 2-1, Rabu (5/12). Hasil positif di Vicarage Road Stadium memperpanjang rekor impresif Man City yang belum terkalahkan di Liga Primer pada musim ini atau sebanyak 21 laga terakhir jika digabung musim lalu, dengan rincian18 menang dan tiga imbang.

Khusus musim ini, Man City membukukan 13 menang dan dua imbang. Alhasil, mereka terus memuncaki klasemen sementara Liga Primer dengan 41 poin. Ini sekaligus mencatatkan rekor baru. Selisih gol mereka, yaitu memasukkan 45 kali dan hanya kecolongan 7 kali atau +38 yang diraih dalam 15 laga awal merupakan pencapaian terbaik di Liga Primer.

Hampir menyamai torehan Sunderland di musim 1892/1893 dengan +39. Berbagai pencapaian tersebut jelas menjadi modal penting bagi Man City menjuarai Liga Primer hingga dua musim beruntun.

Pasalnya, selama hampir delapan musim belakangan, tidak ada yang mampu mempertahankan gelar. Bahkan, dua kampiun terakhir Liga Primer, yaitu Leicester City (2015/2016) dan Chelsea (2016/2017) hancur lebur pada musim berikutnya.

Jangankan mem pertahankan singgasana, keduanya malah gagal masuk empat besar. Karena itu, wajar jika Man City kini dijagokan dapat mematahkan kutukan itu dengan mempertahankan gelar. Maklum, sejak Manchester United (MU) menjuarai edisi 2007/2008 dan 2008/2009, belum ada lagi yang mampu melakukan hal serupa.

Namun, Pelatih Man City Pep Guardiola enggan menanggapi prediksi itu. Menurutnya, semua laga di Liga Primer sangat sulit dan tidak ada jaminan bisa menang. Nakhoda asal Spanyol itu mengacu pada perjuangan pasukannya yang mendapatkan perlawanan ketat dari Watford.

Unggul dua gol lewat Leroy Sane (40) dan Riyad Mahrez (51), Watford justru gencar melakukan serangan dan memiliki beberapa peluang bagus. Untungnya, hanya Abdoulaye Doucoure yang membobol gawang Ederson Moraes (85).

“Kami bermain baik dan layak menang. Tapi, kami harus membunuh permainan. Semuanya belum berakhir hanya dengan unggul 2-0. Anda harus bisa mencetak gol ketiga. Watford mendapatkan peluangnya di menit-menit akhir. Mereka bahkan tampil lebih bagus dari kami. Anda tidak bisa bersantai di Liga Primer,” ungkap Guardiola dilansir bbc.

Atas dasar itulah Guardiola tidak terlalu memikirkan rekor. Mantan arsitek Barcelona itu menegaskan fokus utamanya adalah terus meraih kemenangan di setiap laga. Apalagi Man City selanjutnya harus bertandang ke markas Chelsea di Stamford Bridge, Minggu (9/12).

Man City memang tidak bisa berleha-leha. Sebab para pesaing terus meneror. “Ini bukan tentang mengukir rekor. Ini adalah tentang memenangkan pertandingan. Anda tidak bisa menang mudah dalam 38 pertandingan. Itu sangat tidak mungkin,” ucap Guardiola.

Di lain pihak, nestapa Watford terus berlanjut. Soalnya, The Hornets kini belum meraih kemenangan di lima laga terakhir Liga Primer, yakni satu imbang dan empat kalah. Akibatnya, mereka melorot ke peringkat 11 klasemen sementara dengan 20 poin.

Meski demikian, Pelatih Watford Javi Garcia tidak terlalu diliputi kekecewaan. Dia justru mengapresiasi kinerja para pemainnya yang dianggap tampil baik. Garcia yakin, Watford akan terus bergerak maju dan mampu meraih hasil bagus, terutama saat menghadapi Everton, Selasa (11/12).

“Kami menunjukkan semangat luar biasa di sepanjang pertandingan. Pada menit-menit akhir, kami bahkan memiliki opsi untuk meraih hasil lebih baik. Saya bangga dengan para pemain. Sangat sulit menghadapi tim seperti Man City. Tapi, kami menunjukkan karakter dan keinginan kuat,” ucap Garcia.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak