alexametrics

Marcus/Kevin Berpeluang Gondol Gelar Pemain Terbaik Dunia

loading...
Marcus/Kevin Berpeluang Gondol Gelar Pemain Terbaik Dunia
Pasangan Kevin/Marcus berpeluang menggondol gelar pemain terbaik dunia. Foto : PBSI
A+ A-
JAKARTA - Berkat penampilan apiknya sepanjang 2018, pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berpeluang menggondol gelar Male Player of The Year atau pemain terbaik dunia dalam BWF Player of The Year. Jika berhasil ini merupakan penghargaan beruntun yang diperoleh pasangan nomor satu dunia tersebut.

Tak heran jika Marcus/Kevin punya kans memperoleh penghargaan tersebut. Tengok saja pretasi tahun ini di mana mereka berhasil meraih beberapa prestasi gemilang, seperti medali emas Asian Games 2018. Itu belum ditambah dengan deretan delapan trofi dari BWF World Tour; Indonesia Masters Super 500, All England Super 1000, India Terbuka Super 500, Indonesia Terbuka Super 1000, Jepang Terbuka Super 500, Denmark Terbuka Super 750, China Terbuka Super 750 dan Hong Kong Terbuka Super 500.

Raihan gelar tersebut sepertinya akan kembali bertambah. Marcus/Kevin masih mengincar satu gelar lagi di penutup tahun dari ajang BWF World Tour Finals 2018.

Pasangan Marcus/Kevin bukan satu-satunya nominator dari Indonesia. Seperti diberitakan Badmintonindonesia, Jumat (7/12/2018), pemain ganda putri Apriyani Rahayu juga masuk nominasi untuk kategori Eddy Choong Most Promising Player of The Year.

Pasangan Greysia Polii ini dianggap berprestasi setelah menjuarai India Terbuka Super 500 dan Thailand Terbuka Super 300. Apriyani dan Greysia juga meraih medali perunggu di nomor perorangan dan beregu di ajang Asian Games 2018.

Selain Apriyani, Indonesia di kategori ini juga meloloskan pemain tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Di tahun ini, Gregoria menjadi semifinalis Thailand Terbuka 2018 dan Denmark Terbuka 2018. Pemain berusia 19 tahun ini seringkali membuat kejutan dengan menumbangkan pemain-pemain unggulan.

"Tahun lalu saya dinominasikan di kategori yang sama, tapi belum bisa menang. Semoga tahun ini bisa menang. Perasaannya masuk nominasi tentu senang karena ada yang mengapresiasi saya, semoga bisa menambah motivasi saya agar dapat prestasi lebih baik lagi," kata Apriyani.

"Kans untuk menang award? wah, saya rasa saingannya bagus-bagus semua. Apalagi dari Indonesia ada Gregoria juga," tambah Apriyani.

Di bagian tunggal putra, Indonesia berbangga dengan masuknya Anthony Sinisuka Ginting sebagai nominator untuk kategori Most Improved Player of The Year. Anthony yang kini duduk di peringkat sembilan dunia, merupakan peraih gelar Indonesia Masters 2018 dan China Terbuka 2018. Ia juga meraih medali perunggu Asian Games 2018 di nomor perorangan dan beregu.

Di Para-badminton, Leani Ratri Oktila dari Indonesia, masuk dalam nominasi kategori Female Player of The Year. Leani merupakan peraih medali emas Asian Para Games 2018 untuk kategori ganda putri SL3-SU5 dan ganda campuran SL3-SU5.

Pengumuman pemenang BWF Player of The Year akan dilakukan dalam acara gala dinner BWF World Tour Finals 2018 di Guangzhou, China, pada Senin (10/12/2018).

Berikut daftar nominasi selengkapnya:
Male Player of the Year
Kento Momota (Tunggal Putra, Jepang)
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuldo (Ganda Putra, Indonesia)
Zheng Siwei (Ganda Campuran, China)

Female Player of the Year
Tai Tzu Ying (Tunggal Putri, Taiwan)
Huang Yaqiong (Ganda Campuran, China)
Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Ganda Campuran, Japan)

Eddy Choong Most Promising Player of the Year
Apriyani Rahayu (Ganda Putri, Indonesia)
He Jiting (Ganda Putri dan Campuran, China)
Han Chengkai/Zhou Haodong (Ganda Putra, China)
Gregoria Mariska Tunjung (Tunggal Putri, Indonesia)
Goh Jin Wei (Tunggal Putri, Malaysia)

Male Para-badminton Player of the Year
Lucas Mazur (Prancis)
Cheah Liek Hou (Malaysia)
Jack Shephard (Inggris)

Female Para-badminton Player of the Year
Sujirat Pookkham (Thailand)
Yuma Yamazaki (Jepang)
Leani Ratri Oktila (Indonesia)

Most Improved Player of the Year
Seo Seong Jae (Ganda Putra dan Campuran, Korea)
Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Ganda Putri, Jepang)
Satwiksairaj Rankireddy/Chiraj Shetty (Ganda Putra, India)
He Jiting (Ganda Putra dan Campuran, China)
Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal Putra, Indonesia)
(bbk)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak