Bertemu Wapres, Menko PMK Minta Pembangunan Buffer Zone KM 97 Dipercepat

Rabu, 17 April 2024 - 20:55 WIB
loading...
Bertemu Wapres, Menko PMK Minta Pembangunan Buffer Zone KM 97 Dipercepat
Menko PMK Muhadjir Effendy meminta pembangunan buffer zone KM 97 dipercepat untuk mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Merak saat mudik Lebaran. Foto/sekretariat wakil presiden
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pembangunan buffer zone KM 97 dipercepat untuk mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Merak saat mudik Lebaran . Hal itu disampaikan Muhadjir saat menemui Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin.

“Saya memohon dukungan beliau untuk segera merealisasi KM 97 arah Jakarta-Merak,” kata Muhadjir seusai mendatangi Kediaman Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024).

Muhadjir mengatakan jika buffer zone KM 97 arah Jakarta-Merak telah dibangun maka akan bisa mengurai kemacetan akibat kendaraan-kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Merak. Pasalnya, dengan adanya buffer zone maka kendaraan sudah diskrining mulai dari cek tiket pemberangkatan.



“Tahun depan kalau itu sudah jadi itu bisa digunakan buffer zone untuk kendaraan-kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak itu sebelum menuju ke pelabuhan sudah diskrining di situ, mulai di cek tiketnya sudah punya atau belum, apakah harus berangkat hari itu atau lewat atau sebelum waktunya berangkat. Di situ akan ditetapkan juga siapa yang berangkat duluan dan belakangan,” jelasnya.

Muhadjir mengatakan saat ini buffer zone yang ada masih sangat terbatas sehingga terjadi penumpukan kendaraan di tol area parkir Merak yang terbatas.



“Sekarang ini belum ada buffer zone sehingga kita saksikan terjadi penumpukan kendaraan di tol termasuk area parkir Merak yang sangat terbatas itu. Mudah-mudahan kalau beliau memberikan dukungan dan bisa direalisasi Insyaallah tahun depan sudah tidak ada lagi kendaraan yang antre sekitar 16 kilometer di tol itu,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)