MUI Jabar: Pungli Berkedok Parkir di Al-Jabbar Coreng Citra Masjid

Kamis, 18 April 2024 - 14:03 WIB
loading...
MUI Jabar: Pungli Berkedok Parkir di Al-Jabbar Coreng Citra Masjid
MUI Jabar menilai aksi pungutan liar berkedok parkir di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung mencoreng citra masjid. Foto/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat ( MUI Jabar ) menilai aksi pungutan liar (pungli) berkedok parkir di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung mencoreng citra masjid. Apalagi Masjid Al-Jabbar merupakan ikon Jawa Barat.

Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan, sejak informasi pungli parkir di Masjid Al-Jabbar viral, MUI Jabar telah memberikan pandangan kepada pemerintah agar para pelaku ditindak tegas.

"Kemarin kami (MUI Jabar) diajak bicara juga ya. Prinsipnya mendukung tindakan penertiban parkir liar atau apa pun itu. Karena itu (pungli) mengganggu dan merusak citra masjid apalagi ini (Al-Jabbar) masjid yang telanjur dijadikan ikon Jabar," kata Sekretaris MUI Jabar, Kamis (18/4/2024).



Rafani menyatakan, tindakan pungli parkir yang dilakukan para oknum itu, tidak boleh ditolelir dan dibutuhkan ketegasan dari aparat pemerintah agar tak kembali terjadi dan berulang.

Rafani khawatir jika dibiarkan, fungsi masjid tidak berjalan sebagaimana mestinya dan masyarakat enggan datang lagi ke masjid.

"Pokoknya itu tidak boleh terjadi lagi. Jangan ditolerir. Saya khawatir nanti masjid itu tidak fungsional sebagaimana mestinya," ujar Rafani.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang hendak berkunjung ke Masjid Al-Jabbar agar berani menolak pungli atau melaporkan ke aparat.

"Laporkan, pemda (Pemprov Jabar) sudah menempatkan petugas di situ. Laporkan kepada petugas yang terdekat. Penegakan hukum diperlukan, masyarakat juga mau lapor," tuturnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2036 seconds (0.1#10.140)